Berita

SarasehanPerwira TNI AU, “Tiga Karakteristik Prajurit Profesional”

Dibaca: 12 Oleh 09 Feb 2015Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Mantan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto mengatakan, dalam konteks kehidupan bernegara dewasa ini, kehadiran militer yang professional mempunyai peran penting dalam memperkuat lahirnya supremasi sipil di negara demokratis.   Menurut mantan Kepala Staf TNI AU periode 2005 -2006 ini, ada tiga karakteristik mendasar dalam profesionalisme militer, yaitu aspek keahliah (ekperstise), tanggungjawab (responsibility) dan keterlembagaan (corporatnes).

“Tiga eleme ndasar inilah yang menjadi indicator profesionalisme tidaknya seorang militer dan juga sekaligus akan membedakan suatu jabatan professional dengan jabatan-jabatan lain” kata Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto.  Pernyataan itu disampaikan dalam acara Sarasehan dan Rapim TNI AU yang berlangsung di Mabesau Cilangkap, Jakarta baru-baru ini. Dalam Sarasehan yang diikuti para Koman dan satuan TNI AU seluruh Indonesia itu, hadir Kasau Marsekal TNI Agus Supriatna, Wakasau Marsdya TNI Bagus Puruhito, para Asisten Kasau serta pejabat teras TNI AU lainnya.

Ditambahkan, karakteristik keahlian, tanggung jawab dan keterlembagaan saling berkaitan dan saling mensyaratkan. Ahli tapi kurang bertanggung jawab terhadap masyarakat dan negara akan membuat prajurit menjadi tentara bayaran.  Demikian juga punya rasa tangung jawab tapi kurang memiliki keahlian dan tidak paham kelembagaan akan menghasilkan prajurit yang tidak cakap dan tidak mampu mengemban tugas.

Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto berharap generasi penerus TNI AU memperhatikan sekaligus memegang erat tiga karakeristik profesionalisme tersebut. MenurutmantanPanglima TNI periode 2006 – 2008 itu, dengan berpegang pada tiga karakter tersebut prajurit TNI AU akan berkontribusi pada penguatan demokratisasi Indonesia.  

“Demokratisasi yang mengedepankan dimensi humanitarian dan diplomasi pada akhirnya akan mendorong militer menguasai bidang-bidang pertahanan yang lebih luas sehingga akan makin memperkaya profesionalisme militer” kata Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto.

Baca juga:  PIA AG Cab.11/D.II Lanud Sjamsudin Noor Gelar Donor Darah Dalam Rangka Memperingati HUT PIA AG ke-63 Tahun 2019

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel