Berita

Satgas Pam Bandara El Tari Serius Dalam Penanganan Calon Tenaga Kerja Ilegal

Dibaca: 22 Oleh 07 Apr 2017Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Isu perdagangan manusia atau human trafficking telah menjadi perhatian serius bagi Pemerintah. Khususnya di Provinsi NTT, masih terdapat banyaknya calon-calon tenaga kerja ilegal yang hendak bekerja diluar daerah yang melanggar prosedur ketenagakerjaan. Salah satu pintu masuk/keluar para calon tenaga kerja ilegal tersebut ialah melalui Bandara. Untuk itu, pengawasan terhadap human trafficking di Bandara perlu ditingkatkan guna memotong mata rantai perdagangan manusia khususnya di Bandara El Tari Kupang.

Selama bulan Maret Satgas Pam Bandara El Tari telah menggagalkan 9 kali dengan 31 orang pengirimanan Calon tenaga kerja (CTK) yang tidak memiliki surat ijin dari disnakertrans Provinsi NTT. Untuk mengelabuhi para petugas meraka telah menggunakan surat identitas diri palsu seperti KTP agar lolos dari petugas Bandara El Tari Kupang, Namun dengan kesigapan dan kejelian para petugas Satgas Pam Bandara El Tari telah berhasil mengendus modus dari para pengirim CTK Ilegal yang rencananya mereka akan di kirim ke luar daerah bahkan ke Luar negeri untuk dipekerjakan sebagai buruh di perkebunan kelapa sawit dan pembantu rumah tangga dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Dari hasil penggagalalan CTK ini Satgas Bandara El Tari menyerahkan kepada Disnakertrans Provinsi NTT untuk di proses lebih lanjut.

Baca juga:  Danlanud Supadio Buka Pendidikan Suspa Operator PTTA Angkatan Kedua

Danlanud El Tari Kolonel Pnb Jorry S. Koloay S.IP. Selaku Dansatgas Pam Bandara El Tari telah membentuk satuan tugas pengamanan Bandara (Satgas ) dengan beberapa unsur satuan gabungan yang terdiri dari Personel Lanud El Tari, Gultor Kipan C 466 Paskhas, Satrad 226 Buraen, Lanudal, Korem 161 Wira Sakti Kupang,Polresta Kupang dan AVSEC Bandara El Tari.

Sebelum melaksanakan tugas, Para personel TNI,Polri dan AVSEC yang terlibat dalam satgas Pam Bandara El Tari telah mendapatkan arahan dan penekanan dari Dansatgas Pam Bandara El Tari, bahwa untuk pengamanan di wilayah Bandara El Tari ini di harapkan para perorangan atau individu untuk selalu bekerja sesuai dengan prosedur , bertindaklah secara profesional dan tidak lengah sedikitpun sesuaikan dengan arahan pimpinan agar tercipta suasana yang konduksif. Hindarilah sikap- sikap arogan ketika menghadapi permasalahan dilapangan selesaikan dengan baik dan selalu waspada sehingga tercipta kondisi yang aman,nyaman dan lancar sesuai harapan kita bersama.

Pengamanan Pam Bandara El Tari ini di mulai dari pintu masuk Bandara El Tari hingga sampai obyek- obyek vital Bandara El Tari dengan tujuan untuk mengantisipasi terhadap ancaman- ancaman dan gangguan dari orang- orang yang tidak bertanggung jawab sehingga dapat merugikan orang lain diantaranya adalah teror bom, peredaran narkoba dan barang- barang terlarang yang diselundupkan melalui jalur udara khususnya Bandara El Tari Kupang dan Human Traffiking .

Baca juga:  Spotdirga Adakan Bakti Sosial di Panti Asuhan Al-Khaerot dan Panti Asuhan Muhammadiyah PCM Kecamatan Bukateja

Untuk memberantas pengiriman CTK illegal Satgas Pam Bandara El Tari telah meningkatkan skala pengamanan di daerah Bandara El Tari setiap harinya hal tersebut untuk mengurangi pengiriman CTK yang tidak melalui prosedur yang resmi.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel