Berita

Satkes Lanud Sutan Sjahrir Sosialisasikan Virus Corona

Satkes Lanud Sutan Sjahrir Sosialisakan Virus Corona
#TNIAU 

TNI AU. Infeksi virus Corona atau Covid-19 disebabkan oleh corona virus, yaitu kelompok virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Pada sebagian besar kasus, coronavirus hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang, seperti flu. Akan tetapi, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Covid 19 ini pertama sekali ditemukan kasusnya di Wuhan pada akhir Desember 2019. Sampai saat ini sudah puluhan negara didunia yang terjangkit virus ini, salah satunya Indonesia, ungkap Letda Kes dr. Wahyu Dasopang, Ps. Kakes Lanud Sutan Sjahrir pada acara sosialisasi virus corona di Lanud Sutan Sjahrir bertempat di Masjid Baitul Muttaqin Lanud Sutan Sjahrir, Rabu (11/3/2020).

Lebih lanjut ia menjelaskan, Covid-19 ini menyebabkan gejala mirip influenza biasa, namun secara umum gejalanya ada 3 yaitu demam yang suhunya mencapai lebih dari 38 derajat celcius, batuk, dan kesulitan bernafas yang dapat berlangsung 7-14 hari. Covid 19 ini dapat ditularkan melalui dua cara yaitu secara langsung dengan tidak sengaja menghirup percikan ludah (droplet) si penderita Covid-19 karena ada kontak langsung jarak dekat, dan secara tidak langsung yaitu memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dahulu setelah menyentuh benda yang terkena cipratan liur penderita Covid-19.

Baca juga:  TMMD Menciptakan Kebersamaan

Masyarakat dihimbau untuk tidak panik dengan kondisi saat ini dan tetap melakukan upaya preventif sejak dini dari diri sendiri. Upaya pencegahan COVID-19 ini dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain:
Menerapkan perilaku pola hidup bersih sehat (PHBS), Makan yang bergizi dengan cara banyak mengkonsumsi buah dan sayur, istirahat yang cukup, rutin berolahraga, mengurangi pergi ke tempat ramai serta menghindari berpergian ke negara yang telah ditemukan banyak penularan kasus virus corona, memperhatikan etika ketika batuk, menggunakan masker ketika sakit atau ketika berada di keramaian dan rutin melakukan cuci tangan sesuai prosedur enam langkah cuci tangan yang telah diajarkan oleh World Health Organization (WHO).

Salah satu upaya pencegahan Covid-19 secara dini agar tidak merambat terkhususnya di Lanud Sutan Sjahrir, Satkes Lanud Sutan Sjahrir beberapa waktu yang lalu sudah mensosialisasikan cara mencuci tangan yang baik kepada seluruh anggota Lanud baik Perwira, Bintara, Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil Lanud Sutan Sjahrir serta memasang hand sanitizer di beberapa spot di area Mako Lanud Sutan Sjahrir dengan tujuan agar seluruh anggota Lanud Sutan Sjahrir terhindar dari virus ini.

Baca juga:  Kepala Staf Angkatan Udara: “Pengembangan Kekuatan Alutsista Udara ke Depan Tidak Menitikberatkan Pada Platform-Centric Melainkan Network-Centric”

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel