Berita

Satpom Lanud Halim Perdanakusuma Sweeping Di Terminal Keberangkatan Dan Kedatangan Bandara

Dibaca: 21 Oleh 14 Nov 2014Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Di lingkungan Lanud Halim Perdanakusuma dengan kedudukan dan statusnya sebagai pangkalan udara protokoler negara yang cenderung dinamis,  mendorong aparatnya senantiasa menegakan ketertiban (Gaktib) di dalam dan luar kesatrian.  Penegakan ketertiban dilakukan jajaran Satuan Polisi Militer (Satpom) pada anggota Lanud Halim Perdanakusuma maupun tamu melalui pemeriksanaan setiap memasuki pos pangkalan. Di samping itu, pada saat-saat tertentu dilaksanakan pula sweeping surat-surat kendaraan bagi seluruh personel yang memasuki ring 1 Lanud Halim Perdanakusuma juga di lingkungan luar kesatrian seperti Bandara Halim Perdanakusuma.

 Oleh karena itu, Kamis (13/11) sore Komandan Satpom Lanud Halim Perdanakusuma Letkol Pom Agung Satya Wibowo bersama sekitar 15 Prajuritnya dan staf pengamanan serta dua anjing pelacak melaksanakan sweeping barang-barang bawaan penumpang di terminal keberangkatan dan kedatangan Bandara Halim Perdanakusuma.  Sweeping bertujuan mengontrol keamanan dan ketertiban di lingkungan wilayah Lanud Halim Perdanakusuma, khususnya di Bandara agar mencegah adanya barang-barang ilegal yang datang maupun keluar melalui Halim Perdanakusuma.

 Bawaan penumpang diperiksa di dua tempat tersebut karena, diduga merupakan tempat menyimpan barang-barang yang dicurigai seperti bahan peledak dan narkoba. Selama sekitar dua jam sweeping akhirnya dua anjing pelacak mencurigai dua tas penumpang yang datang dari Kota Solo. Setelah diperiksa pihak Satpom dan Avsec Bandara Halim Perdanakusuma, ternyata bukanlah barang ilegal.

Menurut Dansatpom Lanud Halim Perdanakusuma  Letkol Pom Agung Satya Wibowo sweeping dilaksanakan untuk memberikan shock terapy para penumpang agar tidak membawa barang-barang terlarang melalui Halim Perdanakusuma. Ditambahkan apabila ditemukan barang yang mencurigakan oleh Satpom akan diserahkan pihak Kepolisian Bandara untuk  ditindaklanjuti. Hal senada juga disampaikan Panggih P. Permadi, Pelaksana Tingkat I Avsec Bandara Halim Perdanakusuma yang menyambut baik sweeping Satpom Lanud Halim Perdanakusuma di Bandara Halim Perdanakusuma untuk mencegah barang-barang terlarang memasuki Halim Perdanakusuma.  

Baca juga:  Latihan Dakhura di Lanud Pangeran M. Bun Yamin

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel