Berita

Satpom Lanud Halim “Sweeping” Penumpang Pesawat Militer

Dibaca: 11 Oleh 14 Mar 2015Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Sebagai pintu gerbang negara aspek udara yang berlokasi di Ibukota Negara Indonesia, Lanud Halim Perdanakusuma senantiasa menerapkan aturan agar operasional pangkalan udara tetap berjalan baik juga keamanannya selalu terpelihara. Oleh karena itu, beberapa potensi adanya pelanggaran aturan di wilayah hukum Lanud Halim Perdanakusuma berupaya dicegah oleh aparat penegak hukum yaitu Prajurit Satuan Polisi Militer Angkatan Udara (Satpom) Lanud Halim Perdanakusuma.

Dalam tugasnya menegakkan hukum, Satpom Lanud Halim Perdanakusuma tidak memandang waktu dan obyek yang akan diperiksa. Untuk itu, ketika Prajurit dan PNS TNI di Lanud Halim Perdanakusuma dengan pesawat Hercules A-1319 dari Papua, Kamis sore (13/3) Prajurit Satpom bersama anjing pelacaknya segera melaksanakan pemeriksaan (sweeping) barang-barang bawaan seluruh penumpang pesawat. Prajurit TNI tersebut berasal dari Grup 3 Kopassus Cijantung yang kembali bertugas setelah selama setahun bertugas di Papua di bawah komandan Kapten Inf Parurung Siregar.

Menurut Komandan Satpom Lanud Halim Perdanakusuma Letkol Pom Agung Setya Wibowo, Prajurit Satpom bertugas menegakkan aturan di wilayah hukum Lanud Halim Perdanakusuma termasuk memeriksa para penumpang dan bawaannya yang turun dari pesawat di Lanud Halim Perdanakusuma. Pemeriksaan bertujuan mencegah barang-barang illegal dan terlarang memasuki pesawat TNI AU dan di wilayah Lanud Halim Perdanakusuma. “Oleh karena itu, setiap saat, Prajurit Satpom Lanud Halim Perdanakusuma senantiasa memelihara keamanan Lanud Halim Perdanakusuma termasuk melakukan sweeping setiap saat di berbagai aktifitas yang ada di dalam pangkalan,” ujar Dansatpom. 

Baca juga:  Upacara Ops Gaktib dan yustisi di Surabaya

Ditambahkannya Prajurit Satpom dalam melaksanakan sweeping sesuai aturan yang berlaku yaitu dimulai dari pemberitahuan kemudian, pemeriksaan barang-barang bawaan para penumpang pesawat militer, lalu memeriksa barang-barang yang menempel di anggota badan dan terakhir, anjing pelacak juga memeriksa barang-barang yang ada di dalam pesawat.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel