TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Satpom Lanud Supadio Gelar Operasi Penegakkan Ketertiban

By 19 Mar 2018Berita
FOTO_1

TNI AU. Satuan Polisi Militer Pangkalan TNI AU (Satpomau Lanud) Supadio, terus meningkatkan kinerja tugasnya.  Hal ini diwujudkan dengan menggelar beberapa kegiatan satu diantaranya adalah Operasi Penegakkan Ketertiban (Giat Ops gaktib).

Kegiatan tersebut berlangsung pada Senin (19/3),  Giat Opsgaktib ini dilaksanakan dalam rangka “Bulan Disiplin Peringatan Ke-72 Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AU Tahun 2018” tersebut dimulai pada pukul 06.00 – 07.30 WIB.

Adapun sasaran dari Giat Opsgaktib ini adalah para pengguna kendaraan di wilayah hukum Satpom Lanud Supadio.  Kegiatan dipusatkan di depan Graha Teddy Kustari (GTK)  dan dipintu masuk Ring 1 Lanud Supadio (Pos Ring)

“Sasaran Giat Opsgaktib kali ini adalah kelengkapan surat dan kelaikan kendaraan bermotor dari anggota Lanud Supadio,” papar Dansatpomau Lanud Supadio Letkol Pom Hary M. Ambon.

Menurut Dansatpom Lanud Supadio, semua anggota Lanud Supadio baik prajurit, PNS dan tenaga honorer tidak luput dari pemeriksaan tersebut.  Adapun tujuan dari giat Opsgaktib yang dilakukan adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kelengkapan berkendara.

“Berkendara dengan dilengkapi berbagai surat dan kelaikannya niscaya bisa menambah motivasi dan disiplin anggota.  Sehingga dalam menunaikan tugas juga semakin baik,” paparnya.

Selain giat Opsgaktib dilingkungan Lanud Supadio, Satpomau juga melaksanakan giat Opsgaktib bersama Satlantas Polresta Pontianak.  Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00-10.30 WIB.  Adapun pusat kegiatan adalah didepan RSAU dr. Moh. Sutomo Lanud Supadio dan Taman Dirgantara.

Pada giat Opsgaktib gabungan ini Satpom Lanud Supadio menerjunkan 25 personel sementara Polresta Pontianak 15 personel.  Giat Opsgaktib gabungan ini menyasar prajurit TNI dan Polri.  Hingga kegiatan berakhir pada pukul 10.30 WIB dari kalangan TNI-Polri nihil pelanggar.  Demikian pula dari kalangan PNS, nihil pelanggar.

“Giat Opsgaktib gabungan juga menyasar masyarakat umum.  Kita menjaring 53 pelanggar.  Baik tidak melengkapi surat-menyurat maupun kelengkapan fisik  kendaraan,” tutur Letkol Pom Harry.

Seluruh pelanggaran lalu lintas yang terjaring pada razia tersebut pada umumnya tidak dapat menunjukkan SIM dan STNK serta adanya berbagai kekurangan kelengkapan kendaraan.  53 pelanggar jalan raya tersebut, akhirnya terpaksa ditilang oleh anggota Satlantas Polresta Pontianak.

Dansatpom pun bersyukur, dua kegiatan yang dilaksanakan pihaknya, bisa selesai dengan aman dan lancar.  Ia mengakui, adanya giat Opsgaktib gabungan berupa razia pengguna kendaraan dijalan yang berada di kawasan Lanud Supadio bertujuan meningkatkan kesadaran anggota TNI maupun masyarakat dalam berlalu lintas.

“Kami berharap kegiatan ini bisa meminimalisir  terjadinya kecelakaan di jalan raya.  Selain itu, razia gabungan Satpomau dan Polresta Pontianak merupakan wujud sinergitas TNI-Polri dalam menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat terutama dalam berlalu lintas, “ pungkasnya.

 

 

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Satpom Lanud Supadio Gelar Operasi Penegakkan Ketertiban