Berita

SATPOMAU DAN INTELUD LANUD HALIM GAGALKAN PENYELUNDUPAN SHABU

Dibaca: 19 Oleh 13 Mar 2012Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Satuan Polisi Militer dengan Intel Udara Lanud Halim Perdanakusuma bekerjasama dengan beberapa instansi lainnya telah berhasil menggagalkan usaha penyelundupan Narkotika jenis Shabu seberat kurang lebih 704,2 gram, bernilai satu milyar empat ratus juta rupiah melalui impor barang kiriman di Bandara Halim Perdanakusuma; Selasa (13/03).

Menurut Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI A. Adang Supriyadi,S.E penangkapan ini merupakan prestasi tersendiri sebab dengan bekerjasama antara Satpomau dan Intelud serta dengan Badan Narkotika Nasional (BNN), Polsek Makassar dalam hal ini Pospol Bandara Halim Perdanakusuma, Angkasa Pura Bandara Halim Perdanakusuma; maka maka obat setan jenis Methamphetamine ini dapat dicegat dan diamankan oleh petugas Bea Cukai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean A Jakarta.

Lebih lanjut dijelaskan, Narkotika ini dikirim melalui Pengusaha Jasa Titipan (PJT) United Parcel Service (UPS) asal Negara Thailand dengan penerima atas nama pribadi dengan alamat Denpasar Bali. Dengan modus operandi, dibungkus dengan aluminium foil dan disembunyikan di dalam alat pijat refleksi elektrik.

Baca juga:  Jungar Dan Binpotdirga Di Lanud El Tari

Berdasarkan analisis intelijen, dan manajemen resiko dan sistem pemeriksaan dan pengawasan Ditjen Bea dan Cukai, maka ada atensi lebih dan kecurigaan penuh terhadap barang kiriman tersebut. Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam, dan melalui laboratorium, diketahui bahwa barang ini merupakan barang terlarang berjenis narkotika berbahaya.

Shabu sesuai dengan Undang-Undang No 35 tahun 2009 tentang Narkotika merupakan kategori Narkotika Golongan I. penyelundupan narkotika golongan I ini merupakan pelanggaran pidana dengan ancaman pidana penjara lima belas tahun.BNN berhasil mengungkap dan menangkap penerima barang dengan inisial MA dan MHS.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel