Berita

Satrad 225 Tarakan Melaksanakan Sosialisasi Pencegahan Virus Corona

Oleh 13 Mar 2020 Maret 16th, 2020 Tidak ada komentar
Konsep Otomatis
#TNIAU 

TNI AU.  Dengan semakin merebaknya penyebaran Corona Virus/Covid-19 di wilayah Indonesia yang menyebabkan keresahan di lingkungan masyarakat, sebagai tindakan awal pengetahuan dan pencegahan dini, maka Satuan Radar 225 Tarakan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Tarakan, khususnya dari pihak Puskesmas Mamburungan, kota Tarakan melaksanakan kegiatan “Sosialisasi Pencegahan Virus Corona Kepada Prajurit TNI, PNS TNI Dan IKKT PWA Ranting 005,” yang bertempat di Gedung Serbaguna Satuan Radar 225 Tarakan, yang dilaksanakan pada hari Jumat, (13/03/2020), pada pukul 08.30 waktu setempat.

Adapun kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Operasi Satuan Radar 225 Tarakan, mewakili Komandan Satuan Radar 225 Tarakan, Ketua IKKT PWA Ranting 005 Ny. Ruly Budi Santoso, Kepala Puskesmas Mamburungan, Kota Tarakan Dokter Norhasanah, selaku Narasumber, Epidermiolog ibu Yuni Susilowati, S.KM., Promotor kesehatan Pustri Khasifa, S.KM., seluruh Perwira, Bintara, Tantama, PNS, BKO Paskhas, beserta ibu-ibu pengurus IKKT PWA Ranting 005 Satuan Radar 225 Tarakan.

Kegiatan diawali dengan pembukaan, dan dilanjutkan dengan sosialisasi pencegahan Corona Virus/Covid-19, yang disampaikan langsung oleh  Dokter Norhasanah. “Corona Virus merupakan kumpulan virus yang bisa menginfeksi system pernapasan. Kebanyakan kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernafasan ringan, seperti Flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernafasan berat, seperti Pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS),” ujar Dokter Norhasanah.

Baca juga:  Mitigasi BPBD di Lanud Husein S. Menguji Kesiap Siagaan Tangani Bencana

“Virus ini dapat menular melalui berbagai cara, seperti tidak sengaja menghirup percikan ludah (Dropled) dari bersin atau batuk penderita Covid-19, memegang mata, mulut, atau hidung saat diluar rumah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu yang mungkin telah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita, dan kontak jarak dekat dengan penderita, misalnya bersentuhan atau berjabat tangan”, terang beliau.

Dokter Norhasanah menyampaikan bahwa mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir selama 20 detik adalah cara yang aman dan mudah untuk pencegahan dini dari penularan virus tersebut. Dan beliau memperagakan tata cara pemaikaian  masker yang baik dan benar.

“Pada intinya kita tidak perlu takut dalam menghadapi Corona Virus/Covid-19 ini asal kita sudah mengetahui fakta tentang apa Corona Virus itu sendiri, bagaimana cara penularannya, bagaimana cara pencegahannya, mengetahui info dari sumber yang bisa dipertanggungjawabkan, rasa saling peduli atau solidaritas kepada sesama, dan gotong royong untuk melawan Corona Virus tersebut. Sesuai  dengan yang disampaikan Bapak Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo. Dan apabila anda sudah mengalami seperti flu, batuk, sesak nafas yang berlangsung selama 2 sampai 14 hari segerakanlah memeriksakan diri ke Dokter atau pelayanan kesehatan terdekat,” pungkas Norhasanah.

Baca juga:  Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Jiwa, Kasau Resmikan Paviliun Psikiatri di RSPAU dr. Hardjolukito.

Kegiatan ini disambut baik dan diharap bisa memberikan wawasan kepada personil Satuan Radar 225 Tarakan beserta keluarga tentang pentingnya menjaga kesehatan dan pola hidup yang sehat.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel