Berita

Satu Pesawat Hercules Lanud Abd Saleh Kirim Satgas Garuda RI ke Australia

Satu Pesawat Hercules Lanud Abd Saleh Kirim Satgas Garuda RI ke Australia
#TNIAU 

TNI AU. Letkol Pnb Taufik NC selaku Pilot in Command pesawat angkut berat C-130 Hercules A-1333 dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang Minggu (2/1) berhasil mendaratkan pesawatnya dengan aman di RAAF Richmond, Australia. Sebelumnya pada Sabtu (1/2) Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., melepas Satuan Tugas Garuda Republik Indonesia (Satgas Garuda RI) di Hanggar Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Selanjutnya tim menuju ke Lanud Eltari, Kupang untuk mengisi bahan bakar.  Baru pada Minggu pagi (2/2) tim bertolak ke Australia.

Pesawat mengangkut sekitar 44 orang terdiri dari 41 personel TNI, dua orang dari Kementerian Luar Negeri dan seorang dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Alam (BNPB) beserta perlengkapannya sebagai Satgas Garuda RI dalam misi membantu Angkatan Bersenjata Australia memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah New South Wales, Australia dengan waktu sekitar satu bulan ke depan. Rombongan disambut oleh Duta Besar Indonesia untuk Australia Kristiarto S. Legowo, juga Atase Pertahanan dan Atase Udara Republik Indonesia.

Baca juga:  TNI AU DUKUNG TRANSPORTASI UDARA WARGA KRAYAN KALIMANTAN UTARA

Dari beberapa sumber didapatkan informasi bahwa 41 personel TNI tersebut berasal dari beberapa satuan yang berbeda yaitu 3 personel TNI AD dan seorang dari TNI AU sebagai LO (Liaison Officer)/perwira penghubung, 26 orang dari Menzikon TNI AD, 6 dari Batalyon Marinir TNI AL, 4 dari Disfaskonau, 2 dari Tim Kesehatan TNI AD serta didukung 14 crew  pesawat angkut berat C-130 Hercules A-1333 dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel