Berita

SATUAN TUGAS SIAGA BANJIR KOOPSAU I BANTU PENANGANAN BANJIR DI MUARA GEMBONG BEKASI

Oleh 29 Feb 2016 Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Dalam rangka menjalankan missi kemanusian dan membantu Pemerintah Daerah dalam penanganan bencana banjir yang terjadi di ibukota dan sekitarnya, TNI AU melalui satuan tugas siaga banjir Koopsau I yang sudah terbentuk beberapa bulan yang lalu, mulai terjun ke lapangan. Pangkoopsau I Marsda TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M. setelah mendapat informasi dari media TV bahwa ada satu wilayah yang terendam banjir di daerah Muara Gembong Bekasi, langsung memerintahkan Komandan Satgas Banjir Koopsau I Kolonel Pnb I Made Susila untuk segera mengirimkan bantuan ke wilayah tersebut. (28/2).

Sekitar pukul 15.00 pasukan siaga banjir berangkat dari Halim Perdanakusuma menuju Kelurahan Pantai Harapan Jaya Muara Gembong Bekasi, dengan menggunakan 3 truk yang mengangkut 40 personel dan alat peralatan serta bahan makanan, demikian penjelasan Letkol Pnb A. Purba selaku staf siaga banjir yang memimpin pergerakan pasukan ke wilayah tersebut.

Pergerakan pasukan Satgas banjir mengalami kesulitan mencapai lokasi bencana, dikarenakan akses jalan menuju desa tersebut tergenang air dan berlumpur. Dengan semangat yang tinggi, akhirnya pukul 19.00 pasukan tiba dilokasi dan segera memberikan pertolongan dan bantuan bagi warga setempat. Ketinggian air sudah mencapai kurang lebih 40 cm dan diperkirakan akan bisa meningkat, dikarenakan wilayah yang terkena banjir tersebut merupakan daerah pertemuan 3 buah sungai yang berada di sekitarnya, dan ini sering terjadi tiap tahun ketika musim penghujan, kata Lurah setempat.

Banjir yang merendam 2 RT di kelurahan tersebut sudah berlangsung selama 3 hari dan kedatangan bantuan TNI AU tersebut disambut gembira oleh warga setempat. Kedatangan bantuan dari TNI AU ini sangat diharapkan oleh warga, karena wilayah tersebut terisolir dan jauh dari kota. Dengan terjun langsung ke lokasi banjir di wilayah yang terisolir tersebut, telah membuka akses dan memicu instansi lain untuk turun segera membantu masyarakat Pantai Harapan Jaya Bekasi.

Selain membantu warga yang rumahnya terendam banjir, pasukan Satgas Banjir juga memberikan bantuan langsung bahan makanan berupa Sembako. Disamping itu Satgas Siaga Banjir juga membentuk posko diwilayah tersebut yang bergabung dengan tim dari BPBD setempat untuk mengantisipasi meningkatnya ketinggian air yang akan dapat mengancam keselamatan warga.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel