Berita

SATUDTANI TNI AU FLY PASS DI BELITUNG

Dibaca: 100 Oleh 27 Nov 2013Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Komandan Lanud H.AS Hanandjoeddin Letkol Nav Indrastanto Setiawan didampingi para Kepala Dinas baru-baru ini menyambut kedatangan Tim Satuan Udara Pertanian TNI Angkatan Udara (Satudtani) yang dipimpin langsung Komandan Satudtani Letkol Pnb Rachmad Lubis, ST di Bandara H.AS Hanandjoeddin, Buluhtumbang, Belitung.

Kedatangan Satudtani ke Belitung ini dalam rangka terbang ferry dari Lanud Suryadharma, Subang Kalijati ke Tangar Kalsel guna mendukung pemupukan perkebunan kelapa sawit dari udara, kata Komandan Satudtani TNI Angkatan Udara Letkol Pnb Rachmad Lubis didampingi Co-Pilot Mayor Pnb Dedi dan dua orang tenaga mekanik pesawat.

Sementara itu, Komandan Lanud Hanandjoeddin Letkol Nav Indrastanto Setiawan mengatakan, Sesuai amanat Undang-Undang, TNI Angkatan Udara selain melaksankan misi operasi militer perang (OMP) juga melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), salah satunya adalah operasi dukungan penerbangan untuk pertanian kepada Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Satudtani TNI Angkatan Udara merupakan satuan TNI AU setingkat skadron udara di bawah Panglima Koopsau I. Satudtani dikomandoi perwira penerbang berpangkat Letnan Kolonel. Berdiri sejak 16 Juni 1971, dengan tiga kantor yaitu Kementerian Pertanian RI, Makoopsau I dan Hanggar Satudtani di Lanud Suryadarma, hingga saat ini Satudtani memiliki beberapa pesawat udara sayap tetap jenis PC-6 Pilatus Porter yang bertugas membantu Kementerian Pertanian dalam pemupukan dan penyemprotan hama tanaman pertanian.

Baca juga:  Pejabat TNI AU dan Lanud Abdulrachman Saleh Hadiri Audensi Bupati Belitung ke Bupati Malang Tentang Usulan H. AS Hananjoeddin Sebagai Pahlawan Nasional

Wilayah operasi Satudtani pada umumnya di luar Pulau Jawa yang wilayah perkebunan dan pertaniannya masih luas dan memerlukan penyemprotan dari udara, dan Satudtani dalam pelaksanaan tugasnya berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian RI.

Satuan Udara Pertanian TNI Angkatan Udara memiliki beberapa macam kemampuan operasional dalam melakukan berbagai macam misi penerbangan pertanian, antara lain ; Agriculture duties (crop spraying), Fire Fighting (water booming), aerial survey, dan aerial photograph. Namun walaupun digunakan untuk pertanian, Satudtani sebagai unsur kekuatan TNI Angkatan Udara juga memiliki kemampuan untuk ambulance duties, SAR, dan Airborne Laboratory.

Beberapa operasi yang telah dilaksanakan Satudtani sebagai bentuk baktinya kepada NKRI antara lain ; Operasi pemberantasan hama SEXAVA di perkebunan sawit Kepulauan Sangir Talaud, Operasi pemberantasan hama tanaman padi di Indramayu, Operasi aplikasi pemberantasan hama tebu di Jabar-Jatim dan Lampung, Operasi Penghijauan di Brebes, Ponorogo dan Madura, Operasi pemberatasan hama wereng di sumatra, operasi hujan buatan, operasi pemberantasan nyamuk aedes aegepty dan operasi pemadaman kebakaran hutan di Jawa barat dan sebagainya. (Pen Lanud Ash)

Baca juga:  Pelatihan Keterampilan

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel