Berita

Screening Vaksinasi Hepatitis B Bagi Personel Markas Kohanudnas

Dibaca: 11 Oleh 02 Nov 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Personel Markas Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (2/11) usai apel pagi di lapangan tenis Makohanudnas diambil sample darahnya oleh tenaga medis Kesdam Jaya yang didampingi personel Puskes TNI. Pengambilan sample darah tersebut merupakan kegiatan screeningvaksinasi hepatitis B oleh Puskes TNI untuk personel TNI, termasuk prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdinas di Makohanudnas, Jakarta Timur.

Menurut dr Taufan Prayogi dari Kesdam Jaya screening vaksinasi hepatitis B merupakan cara untuk mengidentifikasi penyakit yang belum tampak melalui suatu tes atau pemeriksaan, screening vaksinasi hepatitis B ini bukan untuk mendiagnosis tapi untuk menentukan apakah yang bersangkutan memang sakit atau tidak, kemudian bagi yang didiagnosisnya positif dilakukan pengobatan intensif agar tidak menular.

Screening pada umumnya bukan merupakan uji diagnostik dan oleh karenanya memerlukan penelitian (follow-up) yang cepat dan pengobatan yang tepat pula.

Oleh karena itu, setelah di ambil sample darahnya tiap personel langsung konsultasi hal-ikhwal kondisi tubuhnya pada petugas (dokter) seperti kapan terakhir vaksinasi hepatitis B, apa sedang menderita sakit dan obat apa yang di konsumsi. Setelah pengambilan sample darah dan diketahui hasilnya, beberapa hari ke depan akan dilaksanakan pemeriksaan lanjutan antara lain dengan pemberian vaksinasi bagi yang terindentifikasi.

Baca juga:  LANUD PEKANBARU JADI OBYEK KUNJUNGAN SISWA SEKOLAH DI PROVINSI RIAU

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel