Berita

SD Negeri Adisutjipto I, Peringati Hari Kartini

Dibaca: 10 Oleh 23 Apr 2012Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Satu abad lebih sejak kepergian Raden Ajeng Kartini, semangat emansipasi yang dikobarkan wanita dari Jepara ini, kini telah membuahkan hasil. Beragam profesi yang diemban wanita sekarang, tak lain adalah buah dari perjuangannya. Untuk mengenang jasa pahlawan emansipasi di Indonesia itu, tepat di tanggal lahirnya, beragam acara digelar di berbagai daerah. Salah satunya seperti yang diselenggarakan oleh guru dan siswa di Sekolah Dasar Negeri Adisutjipto I Yogyakarta.

Sekolah Dasar yang terletak di lingkungan Pangkalan Udara Adisutjipto itu, Sabtu (21/4) memperingati Hari Kartini dengan menggelar upacara di halaman sekolah. Para peserta upacara, khusus untuk siswa kelas I hingga kelas V, wajib mengenakan pakaian daerah atau pakaian profesi. Sedang untuk kelas VI mengenakan pakaian motif batik.

Sejumlah siswa mengaku senang mengikuti upacara itu. Meski kelihatan ribet dengan baju yang mereka pakai, tapi keceriaan terpancar dari raut mereka. Rara misalnya. Siswa kelas I itu merasa senang mengikuti upacara peringatan Hari Kartini, meski ia harus mengenakan kebaya dengan rambut disanggul. Sementara Maya, siswa kelas V memilih memakai celana panjang jeans yang dipadu dengan kemeja motif kotak-kotak, yang menurutnya menggambarkan sosok seorang wartawan.

Usai pelaksanaan upacara, tiap-tiap siswa berjalan satu-persatu bak peragaan busana di depan teman-teman dan guru-guru mereka. Rangkaian perayaan Hari Kartini itu, diakhiri dengan tukar kado di masing-masing kelas.

Ibu Sri Indah Fitri Umami, guru kelas V Sekolah Dasar Negeri Adisutjipto I menuturkan, bagi Sekolah Dasar Negeri Adisutjipto I, momentum peringatan Hari Kartini tidak hanya menjadi sarana untuk mengenang jasa dan perjuangan Raden Ajeng Kartini saja, namun lebih dari itu melalui peringatan Hari Kartini, dimaksudkan pula agar sosok Kartini dikenal dan diteladani.

Baca juga:  Komandan Lanud Dhomber Pantau Perayaan Malam Tahun Baru 2020

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel