Berita

SDN Adisutjipto I Peringati Hari Kartini

Dibaca: 7 Oleh 21 Apr 2011Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Bagi bangsa Indonesia bulan April identik dengan Kartini. Hal ini dikarenakan setiap tanggal 21 April, masyarakat Indonesia memang selalu diingatkan dan memperingati lahirnya R.A Kartini, pahlawan pejuang emansipasi perempuan Indonesia.

Bentuk peringatan hari lahir Sang Pejuang Emansipasi ini dilaksanakan dengan berbagai cara. Seperti halnya di Sekolah Dasar Negeri Adisutjipto I Yogyakarta. Untuk memperingati hari lahir pahlawan dari Jepara tersebut, Kamis (21/4) seluruh siswa diminta memakai pakaian tradisional ataupun seragam profesi. Tidak ketinggalan, bapak ibu gurunyapun mengenakan pakaian adat Jawa.

Ibu Sri Untari Rahayu, Guru SDN Adisutjipto I menuturkan, selain memakai busana tradisional dan seragam aneka profesi, dalam peringatan Hari Kartini ini, SDN Adisutjipto I juga menggelar berbagai lomba. Lomba yang digelar diantaranya lomba keluwesan, lomba nyanyi, lomba baca puisi dan lomba pidato.

“Yang tak kalah ramainya adalah acara tukar menukar kado. Kado yang ditukar bukan berupa barang, namun kado yang berisi makanan,” ujarnya di sela-sela penilaian lomba.

Sebelum acara lomba dimulai, dalam Upacara Peringatan Hari Kartini yang digelar di Lapangan SDN Adisutjipto I, Ibu Untari dalam sambutannya menerangkan, RA Kartini merupakan pejuang emansipasi perempuan yang berhasil mengangkat derajat perempuan Indonesia.

Baca juga:  Lanud Sulaiman Tutup Pendidikan Suskomlek Paskhas A- 19 Skadik 202

Sekarang, jauh sesudah era Kartini, perempuan karier makin tersebar dimana-mana. Mereka ada di birokrasi, sektor swasta, akademisi maupun militer. Dari hasil perjuangan Kartini, tegas Guru Kelas 6 ini, kesempatan perempuan untuk mengabdikan tenaga dan pikirannya kepada bangsa negara terbuka lebar.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel