Berita

Sebelum Muhibah Ke Thailand Taruna AAU Tingkat IV Terima Pembekalan Aspam Kasau

Dibaca: 12 Oleh 28 Sep 2015Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Dalam rangkaian  pelaksanaan latihan Cakra Wahana Paksa (CWP) tahun 2015 yang sekaligus melaksanakan muhibah ke negara Thailand, seluruh Taruna AAU tingkat IV menerima pembekalan dari Asisten Pengamanan (Aspam) Kasau, Marsda TNI Masmun Yan Manggesa, S.E., M.B.A  yang diwakili oleh Waaspam Kasau, Marsma TNI Dwi Fajariyanto di ruang VIP Mako Akademi Angkatan Udara, Senin (28/9).

Pembekalan Aspam Kasau ini diawali oleh sambutan Gubernur AAU, Marsda TNI Abdul Muis yang menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih atas kesediaan Aspam Kasau memberikan pembekalan kepada Taruna AAU tingkat IV yang akan melaksanakan kunjungan muhibah ke Thailand.

Pada pembekalannya, Aspam kasau menyampaikan tentang tatanan pemerintahan dan aturan-aturan yang berlaku di negara Thailand yang menganut sistem pemerintahan kerajaan tersebut. Untuk itu Aspam Kasau berharap agar seluruh Taruna AAU yang akan melaksanakan kunjungan muhibah ke Thailand agar memahami kebiasaan dan aturan yang berlaku di Thailand.

“Negara yang rencananya kalian kunjungi, memiliki aturan dan kebiasaan yang berbeda dengan di sini, maka pahami betul kebiasaan dan aturan yang ada di sana.  Thailand, merupakan negara kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja sebagai lambang jati diri dan persatuan bangsa serta menjadi pelindung Buddhisme Kerajaan Thai.   Selain itu Raja Thailand sangat dihormati dan dalam beberapa kesempatan menjadi penentu dalam penyelesaian krisis politik,” demikian disampaikan Aspam Kasau pada teks ceramahnya yang dibacakan oleh Waaspam Kasau.

Baca juga:  OLAH RAGA SORE LANUD EL TARI

Aspam Kasau juga menyampaikan bahwa relasi antara agama dan tradisi demikian kuat pengaruhnya dalam tatanan kehidupan masyarakat Thailand. Dimana negara Thailand menjunjung tinggi tiga lembaga tradisonal yang tidak bisa dipisahkan yaitu, bangsa, agama dan raja. Ketiga lembaga tersebut menjadi tatanan hidup bagi masyarakatnya termasuk juga angkatan bersenjatanya.    

“Thailand tidak memiliki ideologi negara, tapi mereka menjunjung tinggi tiga lembaga tradisional yang tak dapat dipisahkan yakni bangsa, agama dan raja.  Pemahaman terhadap nilai-nilai dari ketiga unsur tersebut dimulai dari usia dini melalui jalur pendidikan formal, baik untuk kalangan sipil maupun angkatan bersenjata,”.

Pada akhir ceramahnya Aspam Kasau menekankan kepada seluruh Taruna AAU tingkat IVagar selalu menjaga nama baik Bangsa khususnya TNI AU sekaligus  melaksanakan pengamanan personel, pengamnan material, pengamanan informasi dan pengaman kegiatan selama kunjungan muhibah berlangsung.

Turut hadir pada pembekalan tersebut Direktur Administrasi AAU, Kolonel Tek Tri Ahmad, Kadep Matra, Kolonel Pnb Djoko Hadi Purwanto dan segenap pelatih dan pengasuh Wing Taruna AAU.

Baca juga:  RUMKIT LANUD ABD DUKUNG BAKSOS IKKT

Sebelum Muhibah Ke Thailand Taruna AAU Tingkat IV Terima Pembekalan Aspam Kasau

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel