Berita

SEHAT DAN UMUR PANJANG BISA DIPERJUANGKAN

Dibaca: 6 Oleh 10 Jun 2011Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Dalam rangkaian kegiatan HUT ke-60 Koopsau di Makoopsau II, Panitia melaksanakan kegiatan Ceramah Kesehatan yang diikuti khusus anggota Wara, Pegawai Negeri Sipil dan seluruh anggota Pia Ardhya Garini Se Makassar, bertempat di ruang Balariallaka, Makoopsau II ,Kamis (9/6). Hadir pada acara tersebut Kaskoopsau II Kolonel Pnb Tri Budi Satriyo, S.IP., MM., Irkoopsau II Kolonel Tek Dedy Djunaedi, Kakum Koopsau II Kolonel Sus Sujono, SH., MH, dan Kakes Koopsau II Letkol Kes Charles P.J Suouth, Sp. Kp. serta para perwira lainnya. 

Kaskoopsau II Kolonel Pnb Tri Budi Satriyo, S.IP., MM dalam sambutannya mengharapkan agar materi yang disampaikan penceramah Mayor Kes Muhammad Sofyan, S.Pd, S.Kep, Ners dapat memberikan tambahan wawasan sekaligus merupakan ”obat mujarab” dalam membantu menciptakan keluarga yang sehat dan prima sehingga dapat menunjang kelancaran pelaksanaan tugas-tugas serta aktivitas sehari-hari. 

Menurut Muhammad Sofyan, bahwa saat ini terjadi kecenderungan pergeseran penyakit, dari penyakit infeksi ke penyakit degeneratif, diantaranya seperti hipertensi, jantung koroner, stroke, diabetes yang diakibatkan oleh gaya hidup yang cenderung tidak seimbang dan kurang terkontrol. Di lingkungan TNI AU misalnya, berdasarkan paparan Kadiskesau menjelaskan bahwa terjadi kenaikan 32 % penyakit degeneratif, ini merupakan ”lampu kuning” agar selalu dilaksanakan tindakan preventif, diantaranya Pertama mengatur pola makan yang seimbang dan sehat serta back to nature. Kedua sedapat mungkin hindari merokok saat ini juga, karena kandungan yang ada seperti tar, nikotin, karbon monoksida dapat memicu sepuluh kali lebih besar berakibat terjadinya serangan jantung. Ketiga, ciptakan kedamaian dan ketenangan pada diri, keluarga dan lingkungan, ingatlah bahwa kemarahan dapat memberi sumbangan besar bagi penyakit degeneratif tersebut. Keempat , jangan lupa selalu kontrol tekanan darah secara berkala, serta lakukanlah olah raga untuk meningkatkan kebugaran, daya tahan tubuh serta perbanyak silaturahmi dengan lingkungan sekitar karena secara tidak langsung dapat meningkatkan kesehatan jiwa. Bila upaya diatas dilaksanakan secara terukur, maka akan dapat meminimalisir berbagai gejala penyakit, ”ingatlah bahwa sehat dan umur panjang itu bisa diperjuangkan”, demikian tegas Mayor Kes Muhammad sofyan. Para peserta ceramah sangat antusias mengikuti acara tersebut, terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan kepada penceramah untuk dapat penjelasannya. Demikian Penerangan Koopsau II menginformasikan.

Baca juga:  Suspa Komalabanav A-20 Di Buka Di lanud Sulaeman

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel