Berita

Sehat karena Donor Darah

Dibaca: 2 Oleh 20 Jun 2012Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Lanud Sulaiman yang tahun ini menjadi panitia pelaksana kegiatan hari Bakti TNI AU ke-65 jajaran Bakorda Bandung melaksanakan kegiatan donor darah yang digelar di dua tempat secara bersamaan, yaitu di gedung balai prajurit Cendrawasih Lanud Sulaiman dan di Lanud Husein Sastranegara Bandung. Hadir pada acara tersebut antara lain Komandan Korpaskhasau Marsda TNI Amarullah, Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Elianto Susetio, Komandan Depohar 70 Kolonel Tek Hanafi , Komandan Depohar 40 Kolonel Lek Farid Hidayat, S.T, Dan Wing III Paskhas Kolonel Psk Yudi Bustami, dan para pejabat TNI AU di jajaran Lanud Sulaiman, Bandung( Rabu, 20/6).

Pihak rumah sakit Lanud Sulaiman berhasil menjaring pendonor darah yang berpartisipasi di Lanud Sulaiman dengan jumlah 241 kantong labu. Sementara itu, di Lanud Husein Sastranegara yang juga dihadiri Dankoharmatau Marsda TNI Waliyo, Wadan Koharmatau Marsma TNI M. Yunus, Kadislitbangau Marsma TNI Edi Yuwono, para anggota TNI AU, dan Wara terkumpul sebanyak 120 kantong labu.

Manfaat donor darah selain untuk menolong sesama yang memerlukan darah, juga perangsangan pembentukan sel darah baru atau sel darah merah yang berumur lebih muda sehingga akan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, metabolisme dan stamina tubuh akan lebih baik, serta dapat mencegah seseorang terkena penyakit jantung.

Persyaratan bagi donatur antara lain adalah dalam keadaan sehat, berusia 17-60 tahun, tidur malam sebelum donasi minimal 5 jam, bukan pencandu alkohol dan narkotik, bagi wanita tidak sedang haid/hamil/menyusui, tidak mempunyai riwayat penyakit seperti anemia, diabetes, penyakit hati, ginjal, jantung, paru-paru, epilepsi.

Menurut pihak PMI Bandung kebutuhan darah untuk jumlah relatif terpenuhi, dengan frekuensi penggunaan kurang lebih 400 labu/hari. Saat ini telah terbentuk kelompok Keluarga Donor Darah (KDD), yaitu suatu wadah yang menaungi para pendonor secara teratur, meliputi instansi pemerintah dan swasta, perusahaan/pabrikan, lembaga pendidikan dan instansi TNI dan Polri. Keluarga besar TNI AU sendiri pun telah masuk sebagai kelompok KDD yang sumbangan darahnya telah dikelola sebaik-baiknya oleh PMI bagi mereka yang membutuhkan.

Baca juga:  LANUD REMBIGA GELAR LOMBA MANCING

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel