Berita Kotama

SEJARAH

Dibaca: 50 Oleh 26 Jan 2010Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

SEJARAH PANGKALAN TNI AU ISKANDAR

Mengenal Pangkalan TNI AU Iskandar
 
Ada pepatah yang mengatakan bahwa “tidak kenal maka tidak sayang” bukanlah sebuah slogan semata, namun sangat besar artinya apalagi itu berkaitan dengan suatu sistem dalam suatu mekanisme kerja suatu institusi. Lanud Iskandar bukanlah sebuah Lanud induk yang memiliki Skadron-skadron Udara dengan dilengkapi Alut Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang canggih, besar dan modern dengan jumlah personel yang memadai, namun Lanud Iskandar adalah sebuah pangkalan kecil yang merupakan bagian integral dari Pangkalan TNI AU operasional.
 
Lanud Iskandar sama dengan lanud lainnya yang dibawah jajaran Komando Operasi TNI AU (Koopsau) II, yang berada di Propinsi Kalimantan Tengah tepatnya di Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat.
 
Nama Iskandar memang tidak sebesar nama-nama seperti Iswahjudi, Halim Perdanakusuma, Agustinus Adisutjipto, Abdulrachman Saleh, Adi Sumarmo dan lain-lain yang kesemuanya telah diabadikan sebagai nama Pangkalan TNI AU (Lanud) di Pulau Jawa. Akan tetapi kalau dilihat dari sejarah perjuangan yang telah diberikannya kepada rakyat Indonesia, maka sosok Iskandar merupakan putera daerah yang lahir pada tanggal 11 Juli 1928 di Jemras, Kec. Cempaga Kotawaringin Timur, tentunya tidak kalah besarnya dengan pengabdian para pejuang lainnya sesuai dengan kemampuannya kala itu. Sehingga perjuangannya memiliki arti tersendiri bagi masyarakat di daerah Kalimantan Tengah dan sekitarnya.
 
Sangat disayangkan jika ada anggota TNI AU atau mungkin banyak yang lainnya tidak mengenal atau mengetahui bahwa di Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah ada sebuah Pangkalan TNI AU dengan nama Lanud Iskandar. Tidak sedikit juga kita jumpai ada beberapa pejabat ataupun anggota TNI AU yang masih sering keliru dalam menyebut atau mengirim surat-surat keperluan administrasi ke Lanud Iskandar dengan alamat Lanud Iskandar Muda atau Lanud Iskandarsyah di Palangkaraya.

Baca juga:  Pelatihan Supervisi dan Konseling Psikologi Instruktur Wingdikum

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel