Berita Kotama

Sejarah Lanud

Oleh 25 Jan 2010 Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Sejarah Lanud Hasanuddin

KONFERENSI Meja Bundar ( KMB ) di Deen Hag Belanda pada tanggal 27 desember 1949 merupakan saat bersejarah bangsa Indonesia, karena melalui perjuangan bangsa yang berat , Belanda akhirnya mengakui kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Dengan demikian tibalah saatnya bagi bangsa Indonesia untuk memasuki tahap baru yakni konsolidasi dan pembinaan disegala bidan, termasuk Angkatan Bersenjatanya.
 
Dalam surat keterangan Kepala Staf Angkatan Udara RS Suryadarma, Nomor : 88 / SU – IV / II tanggal 27 April 1950 digariskan bahwa setelah fase I konsolidasi AURI dan fase II reorganisasi Militaire Luchvart yang menurut rencana selambat-lambatnya Juni 1950, maka terhitung 1 Juli 1950 dimulai dengan fase III yakni kontruksi Angkatan Udara Republik Indonesia. Kemudian pada waktu hampir bersamaan dilakukan penyerahan lapangan terbang Mandai dari Sekutu kepada pemerintah RI yang selanjutnya dikelolah bersama antara PAU Mandai dengan Jawatan Pekerjaan Umum Seksi Lapangan Terbang dan Komandan pertama dijabat oleh Kapten Udara Mantiri. Sehingga dapat dipastikan bahwa Lanud Hasanuddin lahir pada tanggal 1Juli 1950
 
Namun sebelumnya pada bulan April 1950, beberapa bulan setelah Negara RIS terbentuk berdasarkan perjanjian KMB telah terjadi beberapa peristiwa, misalnya saja : pemberontakan Andi Azis di Makassar, pemberontakan RMS di Maluku, PRRI di Sumatera dan masih banyak lagi yang terjadi di daerah-daerah lain dalam wilayah Negara Indonesia Serikat.
 
Dengan adanya pemberontakan Andi Azis ( April 1950 ) ini, awall dimulainya fungsi dan peran Lanu Hasanuddin yang semula disebut Lanu Mandai menjadi ujung tombak dan sekaligus Home Base dari setiap operasi penumpasan. Kemudian pada tanggal 21 Juli 1950 Captain Pilot R.J. Ismail dan Co-pilot Letnan Suhodo terbang menuju Lanu Mandai dengan misi memperkuat operasii penumpasan Republik Maluku Selatan ( RMS ).

Baca juga:  Personel Lanud Soewondo Laksanakan Latihan Pemadam Kebakaran

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel