TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Sejarah Pangkalan Udara ULIN Banjarmasin

By 23 Mar 2018sejarah

Pangkalan udara Ulin Banjarmasin (Sekarang Sjamsudin Noor) merupakan pangkalan udara pada awal perkembangannya telah ikut mewarnai pelaksanaan perjuangan dalam rangka merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara Republik Indonesia. Pangkalan Udara Banjarmasin dibangun pada masa pemerintahan pendudukan Jepang pada tahun 1944 dan terletak disebelah selatan Jlan A. Yani Km 25 Landasan Ulin Banjarbaru. Tepatnya pada posisi 03 270 S 114 450 E, serta memiliki ukuran landasan panjang 2.220 meter dan lebar 45 meter.
Dalam masa pendudukan Jepang pada tahun 1944 telah dibangun kembali sebuah landasan pesawat udara sebagai pengganti landasan disebelah selatan jalan Jend A. Yani akibat rusak berat oleh pemboman tentara sekutu, kemudian

pada tahun 1948 pembangunan landasan tersebut diteruskan kembali oleh pemerintahan pendudukan Belanda ( NICA ) membuat landasan udara dengan pengerasan batu setebal 10 cm. Saat pengakuan kedaulatan RIS, pengelolaan lapangan terbang Ulin dilakukan oleh Pemerintah Daerah / Dinas Pekerjaan Umum, dan pada Pemerintahan RI tahun 1961, pengelolaan ini dilimpahkan kepada Kementrian Perhubungan Jawatan Penerbangan Sipil. Dalam masa pembangunan mengisi kemerdekaan maka pada tahun 1974 landasan pacunya telah mampu didarati oleh pesawat udara jenis Fokker F-28, dan pada tahun 1977 diresmikan landasan pacu yang baru terletak sekitar 80 meter sebelah utara landasan pacu yang lama dengan kemampuan DC-9 terbatas.

Dengan perkembangan yang begitu pesat maka pada tahun 1975 telah ditetapkan bahwa pangkalan udara Sjamsudin Noor sebagai lapangan terbang sipil yang dikuasai sepenuhnya oleh Departemen Perhubungan melalui keputusan bersama Menteri Pertahanan Keamanan / Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia, Menteri Perhubungan RI dan Menteri Keuangan RI Nomor : Kep / 30 / IX / 1975, No KM / 598 / 5 / Phb-75 dan No Kep. 927.a / MK / IV / 8 / 1975.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Sejarah Pangkalan Udara ULIN Banjarmasin