Berita

Sejumlah 78 Calon Bintara TNI AU Panda Lanud Halim Lulus Pantukir

Dibaca: 451 Oleh 18 Agu 2016Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Lanud Halim Perdanakusuma dengan kedudukan dan statusnya sebagai pangkalan TNI AU di kota Ibukota Negara DKI Jakarta, dalam realitanya berfungsi pula untuk penerimaan anggota TNI AU tiap tahunnya. Untuk itu dibentuklah Panitia Penerimaan Daerah (Panda) yang melaksanakan tugas seleksi tingkat daerah terhadap calon-calon taruna/taruni AAU, calon bintara dan calon tamtama TNI AU.

Setelah Bulan Juli lalu proses peneriman dan seleksi tingkat daerah Taruna dan Taruni Akademi TNI AU selesai dilaksanakan, kini giliran proses penerimaan dan seleksi calon bintara TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma dilaksanakan. Puncak seleksi tingkat daerah calon bintara TNI AU tahun 2016 dalam acara Panitia Penentuan Akhir Daerah (Pantukirda) pada Senin Malam (15/8) diketuai Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Sri Mulyo Handoko, S.IP., M.AP., di Gedung Serbaguna. Peserta dikelompokkan dalam beberapa gelombang untuk menjalani tes postur dengan materi pengecekan data kesehatan, fisik dan kemampuan samapta oleh anggota Panitia Daerah.

Menurut Kepala Seksi Pembinaan Personel dan Tenaga Manusia (Kasi Binpersman) Lanud Halim Perdanakusuma Letkol Adm Jarto, S.E., Panthukir diikuti oleh 197 peserta terdiri dari 70 wanita dan 127 pria yang merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dari wilayah Jabodetabek, Banten dan sekitarnya. Mereka merupakan hasil seleksi dari sekitar 1200 pendaftar Tahapan seleksi sekitar satu bulan meliputi seleksi administrasi, tes kesehatan I, mental dan ideologi, tes kesehatan II, tes samapta, dan postur. Tester dari personel dinas terkait yang ada di Lanud Halim Perdanakusuma maupun insub, sedangkan lokasinya dilaksanakan di beberapa tempat seperti ruang kelas, rumah sakit, lapangan olah raga dan gedung.

Baca juga:  Buka Puasa Panglima TNI Bersama Prajurit

Setelah tes postur dan akumulasi nilai tiap peserta didapatkan hasil calon bintara pria yang lulus adalah 61 orang dan 17 orang wanita. Hal ini berarti terdapat sekitar 66 peserta pria dan 53 peserta wanita yang gugur dan tidak dapat melanjutkan ke proses seleksi tingkat pusat di Lanud Adi Soemarmo, Surakarta, Jawa Tengah. Calon Bintara dari Lanud Halim Perdanakusuma hasil tes, malamnya dengan didampingi personel dari staf Dispers langsung berangkat menuju ke kota Surakarta untuk menjalani seleksi dan tes lanjutan di tingkat pusat.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel