Berita

Sekantong Darah Memperpanjang Umur

Dibaca: 10 Oleh 22 Mei 2010Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Darah sangat penting bagi kehidupan manusia. Sebab darah yang mengalir di dalam tubuh manusia menjadi ukuran kesehatan. Pada kejadian-kejadian tertentu, seseorang bisa mengalami kekurangan darah. Misalnya, setelah seseorang dioperasi atau seseorang yang mengalami luka parah karena kecelakaan lalu lintas. Orang-orang yang mengalami kejadian tersebut akan sangat memerlukan darah. Di saat itulah transfusi darah amat dibutuhkan.

 

Menurut Kepala Rumah Sakit TNI AU Harjolukito, dr Krismono Irwanto darah adalah komponen tubuh yang berperan membawa nutrisi dan oksigen ke semua organ tubuh, termasuk organ-organ vital seperti otak, jantung, paru-paru, ginjal, dan hati. “Jika darah yang beredar di dalam tubuh sangat sedikit yang disebabkan oleh berbagai hal, maka organ-organ tersebut akan kekurangan nutrisi dan oksigen. Akibatnya, dalam waktu singkat terjadi kerusakan jaringan dan kegagalan fungsi organ, yang berujung pada kematian,” jelasnya.

 

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan itulah, lanjut dr. Krismono, dibutuhkan pasokan darah dari luar tubuh melalui transfusi. “Jika darah dalam tubuh jumlahnya sudah memadahi, maka kematian dapat dihindari, atau dengan kata lain sekantong darah yang disumbangkan dapat memperpanjang umur penderita, “ tegas dr Krismono

Baca juga:  Padu Padan Busana Yang baik dan Serasi

 

Mengingat betapa pentingnya darah bagi kehidupan, dalam rangka peringatan ke-64 Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara, Panita Peringatan HUT TNI AU di Yogyakarta menggelar kegiatan donor darah bertempat di Rumah Sakit TNI AU Hardjolukito Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Selasa (6/4)

 

Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia cabang Yogyakarta, kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin setiap peringatan HUT TNI AU ini diikuti 250 pendonor. Para pendonor selain merupakan personel Lanud Adisutjipto dan Akademi Angkatan Udara juga diikuti oleh anggota Paskhas dan Ibu-ibu anggota PIA Ardhya Garini Lanud Adisutjipto.

 

Sementara itu Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Hadiyan Sumintaatmadja dalam keterangannya menjelaskan walaupun sudah menjadi kegiatan yang bersifat rutinitas, namun esensi dari kegiatan donor darah ini selain merupakan kegiatan dari peringatan ke-64 Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara, juga merupakan wujud kepedulian TNI AU terhadap masyarakat.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel