Berita

Sekbang A 87 kembali jalani Tradisi lama penyematan Wing Penerbang

Dibaca: 18 Oleh 08 Mei 2015Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Diawali dari pendadakan di Ksatrian Wirambara, sebanyak 30 calon Pilot militer berasal dari masukan Alumni AAU jalani tradisi yang di mulai pendadakan tengah malam nanti Jumat, (8/4) hingga fajar pagi menjelang Sabtu, (9/4) pukul 06.00 WIB dengan diakhiri penyematan brevet penerbang oleh Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Imran Baidirus SE. dan dilanjutkan penyerahan brevet oleh para instruktur yang terlibat langsung mengawaki siswa Sekanang angkatan 87.

Tradisi yang telah dimulai dari tahun 1945 ini kembali dilaksanakan agar melekat dihati para penerbang muda. Dulu saat Yogyakarta masih belum seramai ini kita selalu melaksanakan tengah malam hingga pagi buta. Diawali dari pendadakan kemudian ziarah ke makam perintis penerbang yaitu Adisutjipto di Ngoto selanjutnya 30 orang di antar ke alun-alun utara untuk melaksanakan long march. Perjalanan dari alun-alun utara ini melewati Jalan Malioboro hingga tiba di monumen tugu. Sekitar pukul 01.00 WIB. Di Tugu mereka akan melaksanakan pembagian makanan, yang dimaksudkan mereka harus peduli dengan sesama, selanjutnya mereka akan menyanyikan Mars Sekbang Dari tugu mereka akan berjalan menyusuri Jalan Jogja solo atau Jl Adisutjipto sejauh 8 KM yang berakhir di tugu Contong Lanud Adisutjipto. Sepanjang jalan mereka akan di iringi oleh pasukan drumband Gita Dirgantara dari Taruna AAU yang merupakan simbol berkesinambungannya Sekbang dan Taruna AAU.

Baca juga:  Danlanud Supadio Ajak Masyarakat Jaga Ruang Publik

Tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya dan perjalanan ini meniru dengan para pendahulu mereka yang juga telah menjalani. “ jadi tradisi ini memang sengaja kita hidupkan kembali” kata Komandan Wing Dikterbang Kol Pnb Azhar Adhitama, beliau juga mengatakan bahwa tradisi ini juga menambah keistimewaan Yogyakarta, “Kita berharap masyarakat Yogyakarta, semakin mencintai TNI AU” harap Danlanud Marsma TNI Imram Baidirus, SE pada kesempatan lain.

Menurut rencana Tupdik Sekbang Angkatan 87 ini akan ditutup oleh Komandan Kodikau Marsda TNI Ras Rendro Bowo di Wisma Adi (19/4) serta diambil sumpah sebagai penerbang oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna, (20/4). Dari ke 30 Pilot militer ini nantinya akan memperkuat TNI AU.

Mereka ini telah menempuh pendidikan selama 22 bulan, dan dilanjutkan dengan bina kelas di Skadik 104 Lanud Adisutjipto serta bina terbang oleh Skadik 101 dan 102. mereka rata-rata telah menyelesaikan 180 jam terbang sebagai persyaratasn wajibnya.

Kegiatan tradisi tadi malam yang mereka lakukan selain ziarah ke makan Perintis berdirinya TNI AU, Marsda Anumerta Adisutjipto dan Marsda Anumerta Abdurrahman Shaleh di Monumen Perjuangan TNI AU di Ngoto, Bantul, juga melakukan tradisi Long March di tengah malam sembari mendapatkan Santi Aji dari para Instruktur Penerbang yang sekaligus sebagai seniornya. Tradisi Ziarah dimaksudkan agar mereka bisa menghayati arti sebuah perjuangan dan meneladani patriotisme serta heroisme yang telah dilakukan oleh kedua Pahlawan Nasional tersebut.

Baca juga:  BUKA PUASA BERSAMA KASAU

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel