Berita

Sekbang A-88 dan Seknav A-12 di tutup Dankodikau, Putra Asli Pekanbaru lulusan terbaik Sekbang PSDP

Dibaca: 21 Oleh 09 Des 2015Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Komandan Komando Pendidikan Angkatan Udara (Dankodikau) Marsekal Muda TNI Eko Supriyanto, SE. MM, Rabu (9/12) menutup Pendidikan Sekolah Penerbang Angkatan ke-88/ PSDP A-28 dan Seknav Angkatan 12 di Gedung Wisma Adi Lanud Adisutjipto. Pendidikan Sekolah Penerbang Angkatan ke-88 PSDP meluluskan 16 Penerbang dan untuk Sekolah navigator sebanyak 11 navigator. Selanjutnya para perwira tersebut akan dilantik oleh Kasau Marsekal TNI Agus Supriyatna Jumat (11/12) di Lapangan Jupiter lanud Adisutjipto dalam suatu upacara militer yang dikenal dengan Praspa dan Wingday Penerbang. Para perwira Sekbang dan Seknav tersebut nantinya akan bertugas di skadron- skadron operasional di jajaran TNI Angkatan Udara dan seluruh Skadron Penerbangan Matra Darat.

Sekbang Angkatan ke-88 di buka oleh Komandan Kodikau terhitung tanggal 1 Juli 2013 , berdasarkan Kep Dan Kodikau No. Kep/304/VI/2013 tgl 18 Juni 2013 tentang Pembukaan Sekbang Angk. ke-88/PSDP XXVIII. Sedangkan Untuk Pendidikan Sekolah Navigasi Angkatan 12 ini dilaksanakan selama 9 Bulan. (dibuka pd tgl 10 November 2014 dan ditutup pd tgl 9 Desember 2015). Sebelum melaksanakan pendidikan terbang yang sesungguhnya, mereka dibekali banyak teori dengan melaksanakan pendidikan di kelas atau Bina kelas murni atau yang dikenal dengan Ground School selama 2,5 bulan dan belajar simulator di Skadik 104. Selanjutnya mereka mendapatkan pendidikan terbang pertama atau terbang latih dasar di Skadik 101 dengan pesawat Grob selama 3,5 bulan. Setelah memiliki kemampuan terbang dasar, para siswa sekbang dan seknav melaksanakan pendidikan terbang latih lanjut dengan pesawat KT-1 B di Skadik 102 selama kurang lebih 8 Bulan. Selain itu Calon penerbang militer ini juga dibekali dengan Kursus CPL 2 minggu dan Communication Skill dan kepribadian selama 2 minggu..

Baca juga:  Kuker Kapuskes TNI di Lanud Balikpapan

Lulusan terbaik pada Sekbang Angkatan ke-88 ini adalah adalah Letda Pnb Dikie Jayadi Putera dan berhak menyandang tropi siswa terbaik. Dikie Jayadi Putra yang merupakan putra asli Pekanbaru ini berhasil menyabet semua jenjang penilaian baik bina terbang latih dasar (72. 35), bina terbang latih lanjut (77, 68) dan bina kelas Akademis, kepribadian maupun kesamaptaan. Sedangkan untuk Navigator terbaik di raih oleh Letda Tek Novendi Adi Saputera.

Dankodikau, Marsda TNI Eko Supriyanto dalam sambutannya mengajak para penerbang dan navigator untuk meningkatkan profesionalisme dan skill, “saudara harus senantiasa belajar dan berlatih setiap saat sehingga nantinya siap melaksanakan tugas dengan baik dan mampu menjadi navigator dan penerbang yang profesional. Sebagai Airman, persyaratan lain yang mutlak harus dimiliki adalah Airmanship yang tinggi, yaitu suatu sikap yang tercermin pada penampilan dan perbuatan baik pada saat melaksanakan tugas di udara maupun dalam menghadapi dunia penerbangan pada umumnya. Untuk itu saya mengingatkan agar Airmanship ini menjadi perhatian dan penghayatan yang sungguh-sungguh serta diupayakan peningkatannya baik dalam pola pikir, pola sikap dan pola tindak.” Tegas Dankodikau.

Baca juga:  Putra Darah Sumatra Pimpin Lanud Leo Wattimena

 

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel