Berita

Sekkau Waspada HIV/AIDS

Dibaca: 14 Oleh 05 Agu 2016Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Penyakit AIDS atau Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah sekumpulan gejala dan infeksi atau sindrom yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Seperti kita ketahui bersama bahwa HIV dan AIDS hingga saat ini masih merupakan masalah penting dibidang Kesehatan Masyarakat. Sejak ditemukannya kasus AIDS pertama di Indonesia, telah banyak kebijakan-kebijakan yang dirumuskan dan dilaksanakan, baik yang menyangkut program pencegahan, pengobatan maupun hal-hal lain yang terkait dengan program penanggulangan HIV dan AIDS di Indonesia. Pemerintah Indonesia juga telah melakukan berbagai kegiatan dan kerjasama dengan berbagai pihak, baik organisasi donor, lembaga swadaya masyarakat (LSM), serta pihak-pihak yang peduli dengan masalah epidemi HIV/AIDS di Indonesi, namun jumlah pengidap HIV/AIDS semakin bertambah dari tahun ke tahun.

Epidemi HIV yang mengancam kesehatan dan kehidupan generasi penerus bangsa, secara langsung membahayakan perkembangan sosial dan ekonomi, serta keamanan negara. TNI Sebagai salah satu Sub-Populasi dari penduduk Indonesia tidak terlepas dari permasalahan yang ada. Kasus HIV dan AIDS di lingkungan TNI dari tahun ke tahun juga terus meningkat.

Baca juga:  JAS-39 “GRIPEN” SINGGAH DI LANUD NGURAH RAI

Oleh karenanya Komandan Sekkau, Kolonel Pnb Ir. Joko Sugeng Sriyanto, M.Sc., melaksanakan pemeriksaan kesehatan HIV/AIDS terhadap seluruh anggota Sekkau terdiri atas Pamen, Pama, Bintara dan Tamtama serta PNS sejumlah 128 personel, bekerjasama dengan RSAU dr. Esnawan Antariksa.

Bertempat di gedung Pramanasala Ksatrian Sekkau, Halim Perdanakusuma, pemeriksaan darah untuk pengecekan kesehatan HIV/AIDS anggota Sekkau, dilaksanakan oleh staf Urkes Flightma Sekkau, dipimpin Kaurkes Flightma Sekkau, Lettu Kes Ni Wayan Ayu.

Diharapkan Dansekkau, melalui pemeriksaan darah ini tidak seorangpun dari anggota Sekkau terjangkit HIV/AIDS. Namun demikian, bila terdekteksi adanya penyakit tersebut tentunya langkah ini sangat baik untuk segera diambil tindakan penyembuhan serta antisipasi penularan terhadap anggota yang lain.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel