Berita

Sekolah Angkasa Lanud Abdulrachman Saleh Adakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Sekolah Angkasa Lanud Abdulrachman Saleh Adakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah
#TNIAU 

TNI AU.  Sekolah Menengah Angkasa (SMP dan SMK Penerbangan) Lanud Abdulrachman Saleh, Malang menggelar Upacara Pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi para siswa-siswi baru tahun ajaran 2019-2020. Upacara pembukaan dilaksanakan di halaman SMP Angkasa Jalan Rogonoto Timur Singosari Kabupaten Malang, Senin, (15/7) dengan inspektur upacara Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat menyampaikan “Sesuai kebijakan kementerian pendidikan dan kebudayaan, mulai tahun ajaran baru ini, para prajurit TNI di berbagai wilayah nusantara dilibatkan oleh Kemendikbud di sekolah khususnya dalam kegiatan pengenalan lingkungan sekolah atau PLS. Tujuan bapak-bapak TNI di sekolah adalah berperan sebagai pelatih bagi siswa baru agar para siswanya memiliki karakter, nasionalisme dan sikap kedisiplinan diri yang kuat, sehingga tumbuh rasa cinta tanah air, tumbuh pula semangat belajar dan untuk membela negara, dapat bertugas sebagai petugas di berbagai kegiatan upacara di sekolah dengan baik, berprestasi serta menghindari sikap-sikap tercela seperti malas belajar, membully teman, terlalu banyak main gadget, perkelahian pelajar dan lainnya.imbuh Danlanud Abd Saleh.

Lebih lanjut Danlanud mengatakan “Melalui program ini diharapkan siswa baru akan memiliki mental diri yang tangguh, berani, percaya diri, rajin dan  tidak terpengaruh hal-hal yang menyesatkan atau paham radikal, namun berjiwa merah putih. PLS akan berlangsung sekitar dua minggu saja. Dalam program PLS terdapat beberapa materi pelajaran guna mengenal dan memahami empat pilar kebangsaan Indonesia yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang Undang Dasar 1945 dan NKRI.”

Kepada bapak dan ibu guru, pengurus yayasan serta karyawan sekolah,  diharapkan kehadiran beberapa pelatih PLS bagi para siswa baru dari prajurit TNI dapat menjadi partner yang memiliki nilai tambah serta mendukung kegiatan sekolah secara lebih baik. Dan akhirnya marilah laksanakan tugas kita masing-masing dengan baik dan benar sesuai dengan fungsi dan tanggung jawabnya agar Sekolah Angkasa Lanud Abd Saleh semakin baik dan maju.pungkas Danlanud Abd Saleh Marsma TNI Hesly Paat.

Rangkaian upacara pembukaan antara lain pemeriksaan pasukan, penyematan tanda peserta MPLS kepada empat perwakilan siswa-siswi SMP dan SMK Angkasa (putra putri). Salah satu peserta MPLS putri (Wiwa, 15) dari Mojokerto berminat sekolah ke SMK Angkasa Malang karena ke depan ingin menjadi anggota TNI.  Sedangkan menurut Kepala Sekolah SMK Angkasa Mayor Tek Zulkifli Efendi, S.T., pada tahun ajaran 2019/2020 ini terdapat sekitar 253 siswa baru SMK yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Papua, Bali, Surabaya, Kalimantan, Mojokerto, Probolinggo, Lumajang, Blitar dan lainnya. Sedangkan siswa baru SMP Angkasa berjumlah 80 peserta berasal dari wilyang Singosari dan sekitarnya.   Turut hadir dalam upacara tersebut Ketua Yasarini Cabang Lanud Abdulrachman Saleh ibu Cynthia Hesly Paat beserta pengurus, para kepala sekolah Angkasa beserta guru dan staf., dengan diikuti pasukan upacara dari kakak-kakak kelas SMP dan SMK Angkasa Malang.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel