Berita

SEKOLAH CALON PILOT HELIKOPTER AU KE-12 DIBUKA DI LANUD SURYADARMA

Dibaca: 94 Oleh 15 Mei 2010Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Komandan Pangkalan TNI AU Suryadarma, Subang Kol Pnb D. Widiantoro, MBA membuka Kursus Pengenalan Terbang Pesawat Helikopter (KPTPH) atau sekolah calon pilot helikopter TNI AU angkatan ke-12 melalui upacara di Apron Skadron Udara 7, Lanud Suryadarma, Kamis siang (16/7). KPTPH diikuti 7 orang perwira siswa remaja lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 2007 yang telah menempuh pendidikan dasar penerbangan di Sekolah Penerbang, Wing Pendidikan Terbang Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta.

 

Dalam amanatnya Danlanud Suryadarma menyampaikan selama lima bulan perwira siswa akan menjalani pendidikan terdiri dari satu bulan teori dan empat bulan praktek terbang menggunakan pesawat helikopter latih jenis Bell 47 G Solooy. Dalam praktek terbang, perwira siswa harus memproduksi 50 jam terbang termasuk terbang solo dan terbang malam, sebelum benar-benar di lantik sebagai pilot helikopter yang profesional. Ditambahkan untuk mengawaki pesawat helikopter diperlukan berbagai kesiapan lebih seperti fisik, intelegensia dan airmanship (sikap sebagai awak pesawat) yang memadai karena helikopter memiliki karakteristik yang berbeda dengan penerbangan pesawat sayap tetap. Perbedaan tersebut antara lain dalam pengawakannya memerlukan insting kuat agar kestabilan terbangnya terjaga.

Baca juga:  EKS WARGA RT.31 SONGSONG KEHIDUPAN DI TEMPAT BARU

 

Acara pembukaan pendidikan KPTPH angkatan ke-12 diisi penyematan tanda siswa kepada Letda Pnb Wahyu Rakmat. Hadir dalam acara tersebut para pejabat Lanud Suryadarma, Wingdiktekkal dan Kompi B Paskhas. Selain perwira siswa KPTPH, di Skadron Udara 7 terdapat pula 9 orang siswa Sekolah Penerbang PSDP jurusan helikopter angkatan 79 yang menjalani pendidikan sebulan sebelumnya.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel