Berita

Seleksi Jasmani Bagi Casis Tamtama Lanud Sim

Dibaca: 86 Oleh 09 Okt 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Setelah melewati seleksi administrasi dan kesehatan tahap pertama, sebanyak 24 Casis (Calon Siswa) Tamtama Prajurit Karier TNI Angkatan Udara Gelombang II Tahun 2017 melaksanakan seleksi jasmani di halaman Lanud Sultan Iskandar Muda. Senin (9/10). Diawali pemeriksaan tekanan darah oleh Pgs. Kakes Lanud Sultan Iskandar Muda Lettu Kes dr. Emmanuel Ricky Cristianto dan staf sebagai upaya deteksi dini kondisi casis sebelum melaksanakan seleksi jasmani.

Selanjutnya casis diberikan nomor dada untuk memudahkan penilaian dan pengawasan saat melaksanakan samapta. Kasibinjaskemil Lanud Sultan Iskandar Muda Mayor Kes Zulham menjelaskan seleksi ini meliputi samapta A yaitu lari selama 12 menit dengan jarak tempuh minimal 2400 meter. Kemudian, lanjutnya, samapta B dimana ada empat item terdiri dari pull up untuk mengetahui kekuatan otot bahu yang dilaksanakan satu menit, selanjutnya sit up untuk mengukur daya tahan perut dilaksanakan satu menit dan push up untuk mengukur kekuatan lengan, bahu juga dada serta shuttle run yaitu berlari membentuk angka 8 bertujuan mengukur koordinasi dan kelincahan.

Baca juga:  Belajar Sejarah, Siswa SMP Angkasa Kunjungi Museum Gumuk Pasir dan Museum Purbakala

Tidak berakhir disitu, lanjut Kasibinjaskemil, terdapat tes renang di kolam renang Tirta Raya, Banda Aceh. Menurutnya, tes renang menitikberatkan mental calon siswa dalan mengatasi kondisi dan kesulitan di dalam air guna mengetahui kemampuan ketangkasan renang. “Lakukan dengan sungguh-sungguh, fokus dan semaksimal mungkin agar mendapatkan nilai terbaik serta sampaikan kepada kami seandainya ada kendala atau keluhan selama melaksanakan seleksi ini,” ujarnya seraya mengingatkan bahwa setiap casis lebih mengetahui kondisi tubuh dan kemampuan diri masing-masing.

Disela-sela seleksi, Kadispers Lanud Sultan Iskandar Muda Letkol Adm Elvan Zunaidi mewakili Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Suliono, S.Sos., mengatakan seleksi penerimaan Tamtama akan dilaksanakan secara transparan, obyektif dan jujur sesuai penilaian di lapangan, sehingga didapatkan calon-calon Tamtama terbaik bagi TNI Angkatan Udara. “Awali segala sesuatu dengan doa agar Tuhan selalu menyertai kalian selama melaksanakan seleksi dan diberikan hasil yang tebaik melalui usaha kalian yang maksimal,” ujarnya.

Masih ada tahapan seleksi kedepannya, ujar Kadispers, seperti screening pom, mental ideologi, seleksi kesehatan tahap kedua dan sidang penentuan akhir tingkat daerah. “Jika nanti dinyatakan lulus dari seleksi daerah, maka akan dikirim mengikuti seleksi tingkat pusat di Lanud Adi Soemarmo, Solo,” ungkapnya.

Baca juga:  Danlanud Rai : Umat Beragama Melebur Dalam Kebersamaan Untuk Menciptakan Kerukunan.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel