Berita

SEMANGAT JUANG MODAL DASAR SEORANG PRAJURIT

Dibaca: 54 Oleh 04 Mei 2011Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Semangat juang merupakan modal dasar yang harus benar-benar tertanam dalam hati dan diaplikasikan dalam setiap derap langkah seorang prajurit TNI Angkatan Udara, hal ini merupakan faktor penentu keberhasilan setiap pelaksanaan tugas yang diemban, demikian juga dalam hal pelaksanakan latihan survival dasar “Lancang Kuning 2011” yang akan kita laksanakan ini. Demikian disampaikan Danlanud Pekanbaru, Kolonel Pnb Bowo Budiarto, SE pada upacara pembukaan latihan dasar survival yang bertajuk “Lancang Kuning 2011” di apron Baseops Lanud Pekanbaru, Senin (2/5)

Latihan yang akan berlangsung selama lima hari ini merupakan latihan rutin setiap tahun yang digelar Lanud Pekanbaru dengan tujuan untuk terus memantapkan pengetahuan dan kemampuan para awak pesawat terbang, apabila terjadi emergensi dalam melaksanakan tugas yang mengharuskan untuk dapat bertahan hidup dalam keadaan darurat. Lebih lanjut Danlanud menyampaikan bahwa tidak ada seorangpun diantara kita yang menghendaki adanya keadaan darurat.   oleh karena itu, melalui mekanisme latihan-latihan seperti ini diharapkan resiko yang paling buruk sekalipun dapat diminimalisir bahkan dapat kita hindari.

Baca juga:  Danlanud Iwj Sambut Presiden Joko Widodo Transit Di Lanud Iwj

Selain memiliki semangat juang yang tinggi, dalam menghadapi situasi darurat, seorang awak pesawat juga harus mampu menguasai diri untuk tidak panik. Dalam kondisi pikiran dan perasaan yang tenang maka kita akan mampu berpikir jernih untuk segera mengakhiri keadaan darurat tersebut dengan lancar tanpa suatu kendala yang berarti. Sedangkan faktor lain yang tidak kalah pentingnya dalam menghadapi keadaan darurat adalah penguasaan terhadap pengetahuan tentang tata cara melakukan survival.   tingkat pengetahuan di bidang ini hanya dapat dimiliki apabila secara periodik dilaksanakan latihan-latihan yang berhubungan dengan prosedur survival maupun bentuk-bentuk medan yang bervariasi sesuai dengan keadaan alam yang sebenarnya.  

Pada kesempatan tersebut Danlanud juga menegaskan kepada seluruh peserta dan pendukung latihan untuk tetap mengutamakan faktor keselamatan, baik keselamatan personel maupun materiil. “perhatikan prosedur serta ketentuan-ketentuan maupun aturan yang telah ditetapkan oleh pelatih.   jaga keselamatan dan keamanan diri sendiri maupun kelompoknya, serta penyesuaian dengan lingkungan tempat latihan, supaya dapat terhindar dari kemungkinan yang tidak kita inginkan bersama” demikian ditegaskan Danlanud”.

Baca juga:  Upacara Bendera 17 an Bulan Juli di Kosekhanudnas IV

Pelaksanaan latihan survival dasar ”Lancang Kuning 2011” pada tahun 2011 ini dilaksanakan di daerah Danau Buatan, Rumbai, Pekanbaru, dengan materi survival Darat dan Survival di air.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel