BeritaBerita Kotama

Sembahyang Tilem Jiyestha di Pura Sanggabhuana

Dibaca: 223 Oleh 14 Mei 2018Tidak ada komentar
Sembahyang Tilem Jiyestha di Pura Sanggabhuana
#TNIAU 

TNI AU. Senin (14/5). Umat Hindu se-karesidenn Madiun melaksanakan pemujaan Tilem Jiyestha, upacara Tilem bermakna sebagai upacara pemujaan terhadap Dewa Surya, dimana umat Hindu melakukan pemujaan dan bersembahyang dengan rangkaian berupa upacara yadnya yang dipimpin oleh Drs. Tjening Sutarna, di Pura Sanggabhuana Lanud Iswahjudi.

Dalam agama Hindu memiliki hari raya yang didasarkan pada sasih/bulan yaitu purnama dan Tilem. Upacara Tilem bermakna sebagai upacara pemujaan terhadap dewa Surya. Umat Hindu menyakini pada saat hari Tilem ini mempunyai keutamaan dalam menyucikan diri dan berfungsi sebagai pelebur segala kotoran/mala yang terdapat dalam diri manusia, juga karena bertepatan dengan Dewa Surya beryoga/semedi memohon kepada Hyang Widhi.

Pada umumnya dikalangan umat Hindu, sangat menyakini mengenai rasa kesucian yang tinggi pada hari purnama, sehingga hari itu disebutkan dengan kata “Devasa Ayu”. Oleh karena itu setiap datangnya hari suci yang bertepatan dengan hari purnama maka pelaksanaan upacara disebut “Nadi”. Tetapi sesungguhnya tidak setiap hari purnama disebutayu tergantung juga dari patemon dina perhitungan wariga.

Baca juga:  Pangkosekhanudnas II Pimpin Sertijab Dansatrad 221 Ngliyep dan Dansatrad 224 Kwandang

Selain itu umat Hindu Se-karesidenan Madiun juga mendoakan agar seluruh rakyat Indonesia hidup damai dan saling menghargai satu sama lainnya. “saya berdoa demi keselamatan umat manusia dan kedaimaian umat manusia” tegas Drs Tjening Sutarna pemimpin upacara.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel