TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Seminar APCI: Angkatan Udara Pegang Peran Strategis Dalam Poros Maritim

By 15 Apr 2015 20:43Berita
IndonesianAF 1

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti mengatakan, untuk “menyatukan” pulau-pulau Indonesia yang tersebar dari Sabang – Merauke, masyarakat Indonesia harus mengembangkan pola pikir sebagai negara continent (benua).  Indonesia memang negara kepulauan, tetapi  manusia-manusia Indonesia  tidak harus berpikir sebagai orang-orang pulau, namun  sebagai orang  continent(benua) yang tidak terpisahkan oleh laut.

Berbicara sebagai salah satu Keynote Spech pada seminar Air Power  menteri Susi Pujiastuti menambahkan, untuk mewujudkan pola pikir continent state,  Indonesia memerlukan kehadiran Angkatan Udara dan Laut yang kuat yang  dapat ”menyatukan” pulau-pulau sehingga hubungan laut dan udara lebih mudah.  

“Peran angkatan udara sangat strategis sebagai jembatan penghubung negara kepulauan. Angkatan Udara yang kuat berperan dalam menjaga kedaulatan dan national security melalui kegiatan pengamatan dan pengintaian udara, air surveillance, serta patroli udara” kata Menteri Kelautan dan Peikanan Susi Pujiastuti pada seminar Internasional Air Power di  club Executive Persada Purnawira Halim Perdanakusuma, Jakarta Selasa (14/4).

Sementara Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Agus Supriatna saat membuka seminar dalam amanat tertulis yang dibacakan Asisten Operasi (Asops) Kasau Marsda TNI Ida Bagus Anom mengatakan, kebijakan Poros Maritim Dunia merupakan gagasan besar untuk menjadikan kembali Indonesia sebagai bangsa dan negara yang disegani dunia. Oleh karena itu, perlu pembangunan kekuatan udara bersama dengan kekuatan lainnya agar sejalan dengan visi Poros Maritim.

Dikatakan, melalui seminar Air Power Kasau berharap dapat menyatukan persepsi para insan dirgantara dalam menyikapi kebijakan Poros Maritim Dunia.  “Seminar ini dapat menjadi media bagaimana kita menyamakan pengertian dan persepsi menghadapi tantangan baru terkait poros maritim,  disamping terus membangun peran air power sebagai deterence power dalam melindungi kepentingan nasional kita” kata Kasau

Seminar sehari yang terselenggara atas kerjasama Air Power Center of Indonesia (APCI), TNI AU dan Perhimpunan Purnawirawan Angkatan Udara (PPAU) ini, mengambil tema “Peran Air Powerdalam mendukung Poros Maitim Dunia”.  Hadir sebagai pembicara sesi pertama adalah Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim, Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio dan Prof. Dr. IB. Supancana (Pakar Hukum Udara),

Pada sesi kedua menampilkan pembicara Dr. Sanu Kanikara (Air Power Develompment Centre Australia), Mr. Dimitri (Rosoboron Export, Rusia), Mr. Phil Mills (General Atomic, USA), Mr. Jacinto Monge (Airbus Defence and Space Indonesia) dan Andi Alisjahbana (Direktur Teknik Penerbangan PTDI).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Seminar APCI: Angkatan Udara Pegang Peran Strategis Dalam Poros Maritim