Berita

SEMINAR KAIN TRADISIONAL NUSANTARA DI LAMPUNG

Dibaca: 5 Oleh 10 Okt 2012Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Ketua PIA Ardhya Garini Cab 9/D I, Ny Insan Nanjaya mengikuti Seminar Kain Tradisional Nusantara yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung dalam rangkaian kegiatan Festival Krakatau tahun 2012. Selasa, (09/10).

Seminar tersebut mengambil tema “Kenali Warisan Leluhur Melalui Seni Tradisi Kain Nusantara” yang berlaku sebagai pembicara pada seminar tersebut adalah Sandra Niessen PhD peneliti tenun dari Belanda dan sebagai moderator adalah Prof Dr Biranul Anas M.Sn Pengajar Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB. Makalah yang disampaikan oleh pembicara mengulas tentang silsilah dari kain – kain tradisional maupun pesan yang disampaikan oleh masyarakat setempat dalam corak kain tradisional tersebut.

Sandra Niessen menyampaikan bahwa kain di Indonesia telah diteliti oleh peneliti internasional yang dibantu oleh peneliti nasional bahkan sebelum Perang Dunia II. Peneliti – peneliti tersebut memperkenalkan kain – kain tradisional melalui pasar – pasar malam yang ada di daerah setempat maupun pada saat ada kegiatan tradisional. Penelitian tersebut mendapat dukungan dari organisasi dunia yang sebagian besar terdapat di negara Eropa.

Baca juga:  Lanud Wirasaba mengadakan acara Family Gathering di Owabong

Sandra Niessen juga menyampaikan pesan moral bahwa kain tradisional Indonesia sudah dikenal oleh dunia internasional dan perlu mendapat perhatian dan pelestarian secara menyeluruh oleh masyarakat Indonesia sehingga warisan leluhur tersebut dapat lestari.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel