Berita

Seminar Pembinaan Potensi Dirgantara Di Lanud Wiriadinata

Dibaca: 24 Oleh 26 Agu 2020Tidak ada komentar
Konsep Otomatis
#TNIAU 

TNI AU. Lanud Wiriadinata menggelar Seminar Pembinaan Potensi Dirgantara yang diprakarsai oleh Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Kasau, bertempat di Gedung Rukandi Lanud Wiriadinata, Selasa (25/8).

Kegiatan tersebut, dihadiri oleh Pabandya Bintertaswilud Paban VI Spotdirga Letkol Pom Jefry B Purba, Komandan Lanud Wiriadinata Letkol Nav Ali Sudirman Pasaribu, S.H., Pabandya Penat Paban l/Renspotdirga Letkol Adm R Budi Setiyono S.AP., M.Si., Wali Kota Tasikmalaya yang diwakili oleh Asda 2 Staf Ahli Ekonomi Jalaludi serta Forkopimda Kota Tasikmalaya lainnya.

Komandan Lanud Wiriadinata Letkol Nav Ali Sudirman Pasaribu, S.H., mengatakan, Seminar pembinaan potensi dirgantara kali ini akan mengangkat tema “Ketahanan Pangan dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 serta Peranan Drone dalam Pertanian”. Seminar ini diikuti oleh ratusan peserta, baik dari Lanud Wiriadinata, lapisan masyarakat, PIA Ardhy Garini Cab. 7/ D.I. Lanud Wiriadinata, Komunitas, dan peserta seminar lainnya.

Lebih lanjut Danlanud menjelaskan bahwa manfaat drone dalam pertanian antara lain  sebagai sistem pemantau pertumbuhan tanaman serta penyemprotan hama bagi tumbuhan.

Baca juga:  Wow! SMK Penerbangan AAG Adisutjipto adakan Sarasehan Story Telling

Semoga dengan adanya seminar ini, dapat memberikan manfaat dalam menghadapi pandemi Covid – 19 khususnya dibidang ketahanan pangan yang nantinya akan diisi oleh narasumber dari Dekan Fakultas Pertanian Unsil Dr. H Dedi Heryadi Ir., M.Sc. tentang Ketahanan Pangan dari sektor pertanian, Pabandya Bintertaswilud Paban VI Spotdirga Letkol Pom Jefry B Purba tentang Pemanfaatan teknologi Drone untuk menunjang ketahanan pangan dan Komunikolog Dosen Megister Ilmu Komunikasi Universitas Marcu Buana Dr. Rosmawaty Hilderiah Pandjaitan, S. Sos., M.T., CPR., CICS., tentang Saluran Komunikasi Ketahanan Pangan,” jelas Danlanud.

Seminar ini dibuka oleh Aspotdira Kasau, melalui sambutannya yang dibacakan oleh Pabandya Penat Paban l/Renspotdirga Letkol Adm R Budi Setiyono S.AP., M.Si., mengatakan bahwa dengan adanya ancaman pandemi Covid 19 maka TNI AU harus mampu mendayagunakan seluruh potensi kekuatan secara maksimal baik dari pusat maupun sampai jajaran  TNI AU yang salah satunya Lanud Wiriadinata.

“Bahwa kita memberdayakan Pangkalan Udara bukan hanya sumber daya manusia (SDM),  sumber daya alam (SDA) serta sumber daya buatan (SDB) saja tetapi semua saran dan prasaran yang kita miliki, dintaranya pemanfaatan teknologi dron,” pungkas Aspotdira Kasau.

Baca juga:  Imunisasi MR bagi Anak dan Balita di Lanud Sultan Hasanuddin

Sebelum seminar dimulai, para peserta melihat demo Dron Spray dari PT. Famindo Inovasi Teknologi yang merupakan binaan dari Spotdirga, yang berfungsi salah satunya untuk menyiram pupuk cair terhadap tanaman.

 

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel