Berita

Semua Kecelakaan Faktor Domiman Adalah Manusianya

Dibaca: 7 Oleh 11 Des 2014Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Selama tahun anggaran 2014 masih banyak menyisakan persoalan-persoalan yang perlu di perhatikan dan di cermati secara seksama diantaranya adalah keselamatan terbang dan kerja. 

Dari semua kecelakaan yang terjadi, faktor yang sangat domiman dan menjadi penentu adalah manusianya.  Pendekatan secara teori, zero accident sesungguhnya bisa dicapai dengan catatan, apabila semua pihak ikut memberikan kontribusi positif dan memiliki budaya safety.

Demikian dikatakan Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia dalam sambutannya pada pembukaan Rapat Kerja Teknis Operasi (Rakernisops) Tahun 2014 dan Rakor Sasaran Pembinaan Kemampuan (Sasbinpuan) TNI AU tahun 2014, di Mabesau Cilangkap. Rabu (10/12).

Dikatakan, terkait dengan penyusunan Sasbinpuanops untuk tahun 2015, khususnya dalam hal  perencanaan latihan dan operasi, agar dalam skenario hendaknya mengacu kepada  tantangan tugas yang akan dihadapi serta ancaman masa depan yang realistis, bukan sekedar berdasarkan kebiasaan selama ini, pinta Kasau.

Latihan hendaknya dapat disesuaikan dengan kebijakan pertahanan dan kebijakan penggunaan kekuatan TNI Angkatan Udara, yang berdasarkan pada penilaian potensi dan analisa ancaman (threat assessment), baik eksternal maupun internal, sesuai perkembangan lingkungan strategis dan karakter geografis Indonesia.

Baca juga:  Rapat Kerja Teknis Kodikau T.A. 2009

Tuntutan tersebut dapat diwujudkan apabila program latihan untuk meningkatkan pembinaan kemampuan operasi yang diselenggarakan terlaksana  secara bertahap, betingkat dan berlanjut/berkesinambungan dan terukur serta sesuai dengan rencana tindakan untuk menghadapi berbagai kontinjensi.

Demikian juga dengan konsep operasi yang telah disusun oleh masing-masing Kotama Operasi, harus sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi yang sesungguhnya, sehingga apa yang akan dihadapi dalam pelaksanaan tugas, maka itulah yang harus dilatihkan dan dievaluasi. Jelas Kasau.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel