Berita

Senam Tera Indonesia di Akademi Angkatan Udara

Dibaca: 354 Oleh 30 Jun 2015Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Segenap personel Akademi Angkatan Udara (AAU) mengikuti olahraga bersama berupa Senam Tera Indonesia yang diselenggarakan di lapangan Dirgantara Ksatrian AAU, Senin (30/6).

Senam Tera merupakan senam persendian dan senam pernafasan yang diadopsi dari Senam Tai Chi yang berasal dari negeri Cina. Kata Tera sendiri berasal dari kata terapi yang berarti olah raga yang berfungsi sebagai terapi atau pengobatan. Turut hadir mengikuti Senam Tera ini Gubernur AAU, Marsda TNI Abdul Muis dan segenap pejabat AAU lainnya.

Meskipun dalam suasana bulan Puasa, terlihat seluruh personel AAU tetap bersemangat dan antusias mengikuti seluruh gerakan Senam Tera yang dipandu oleh salah seorang perwira Denma AAU tersebut. Senam bersama yang sangat digemari dan sedang mem”Booming” di Indonesia ini terdiri dari sejumlah gerakan yang sangat mudah untuk diikuti yang menjanjikan kebugaran tubuh pada setiap gerakannya.

Senam Tera Indonesia terdiri dari tiga gerakan senam meliputi Senam Peregangan, Senam Persendian dan Senam Pernafasan Pokok dan Lanjutan. Pada senam pernafasan pokok terdapat 20 macam gerakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan paru-paru agar dapat memenuhi kebutuhan oksigenyang sangat diperlukan dalam metabolisme tubuh manusia. Demikian juga halnya dengan senam pernafasan lanjutan yang terdapat 20 gerakan. Sementara untuk senam persendian terdiri dari 25 macam gerakan yang mempunyai nilai aerobik yang cukup tinggi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan mental atau semangat kerja. Apabila diakumulasikan, seluruh gerakan Senam Tera Indonesia terdiri dari 82 gerakan dengan total 310 ketukan setiap menitnya.

Baca juga:  Danlanud H AS Hanandjoeddin Pimpin Sidang Pantukhirda Tamtama 2021

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel