Pustaka

Serah Terima Koptar Akademi TNI Penerima Beasiswa NDA Jepang

Dibaca: 896 Oleh 05 Mar 2012Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 
Serah Terima Koptar Akademi TNI Penerima Beasiswa NDA Jepang

[MAGELANG] Kopral Taruna (Koptar) Akademi TNI penerima Beasiswa Kemhan untuk mengikuti pendidikan National Defense Academy (NDA) Jepang untuk Tahun Anggaran 2012-2017 diserah terimakan melalui upacara pelepasan di Magelang, Rabu(28/2).   Demikian siaran pers, yang diterima SP, Jumat (2/3). Para Koptar Akademi TNI penerima beasiswa tersebut diserahterimakan dari Aspers Panglima TNI kepada Dirjen Kuathan Kemhan bersamaan dengan upacara Kenaikan Pangkat Taruna Akademi TNI Tingkat I TP. 2011/2012.

Upacara pelepasan dan serah terima para Koptar Akademi TNI penerima beasiswa NDA Jepang ini akan diselenggarakan pada Rabu (29/2), di Lapangan Taruna Bhakti, Kesatrian Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah. Selain itu upacara pelepasan dan serah terima akan langsung di pimpin Danjen Akademi TNI. Adapun Kopral Taruna yang menerima kesempatan beasiswa

Kemhan di NDA Jepang tahun ini adalah, Singgih Arioseno dari Angkatan Darat, Aris Prasetya Utomo dari Angkatan Udara, dan Sirilus Danar Agmar dari Angkatan Laut. Ke tiga Koptar tersebut akan memiliki kesempatan studi di NDA Jepang selama 5 tahun, 1 tahun untuk bahasa dan 4 tahun untuk akademi, setelah itu barulah mereka dilantik di Indonesia.   Hingga saat ini kerja sama pengiriman taruna dan perwira TNI telah meluluskan sekitar 19 orang untuk jenjang S-1 dan S-2.Selain itu sebanyak 13 orang taruna dan perwira TNI masih sedang menempuh pendidikan di akademi pertahanan nasional(National Defence Academy/NDA) Jepang.   Sementara itu kesempatan mengenyam pendidikan bagi warga Indonesia di NDA yang bermarkas di kawasan Yokosuka, Provinsi Kanagawa ini diberikan kepada lulusan SMA Taruna Nusantara, Magelang dalam mengambil S-1 selama lima tahun.

Selain itu, juga bagi perwira TNI untuk gelar S-2 selama tiga tahun. Masing-masing (jenjang) satu tahun digunakan untuk mempelajari bahasa Jepang.

Pengiriman taruna dan perwira TNI ke NDA Jepang merupakan bentuk kelonggaran hubungan pertahanan Jepang dengan berbagai negara di dunia. Khusus hubungan kerjasama dengan Indonesia, telah dimulai sejak 1998.
Pengiriman para calon perwira dan perwira militer Indonesia ke Jepang untuk menimba ilmu diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih baik dalam mengatasi tantangan keamanan global. Juga untuk mempelajari tren dan perkembangan keamanan regional dan internasional.

Upacara pelepasan Koptar Akademi TNI dihadiri oleh Dirjen Kuathan Kemhan, Dir SDM Ditjen Kuathan Kemhan, Dirkersin Ditjen Strahan, dan Kapuskom Publik Kemhan serta beberapa pejabat di jajaran Kemhan dan Mabes TNI. [W-12]  www.suarapembaruan.com

Baca juga:  K. 31

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel