Berita

SERAHTERIMA JABATAN KOMANDAN POLISI MILITER TNI AU

Dibaca: 71 Oleh 26 Mei 2010Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Kasau:

Potensi Munculnya Berbagai Kerawanan Secara Internal Maupun Eksternal Diperlukan Kesiapsiagaan Aparat Polisi Militer TNI AU

 

Perkembangan lingkungan strategis, telah merubah situasi dan kondisi yang semakin komplek di semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Situasi pada lingkup global maupun nasional misalnya, masih dihadapkan permasalahan terorisme, hak asasi manusia, demokratisasi, lingkungan hidup, konflik trans nasional, dan maraknya peredaran Narkoba. Tidak kalah pentingnya adalah permasalahan illegal logging dan illegal fishing , yang hingga kini masih memerlukan kerja keras kita.

 

Bertolak dari situasi dan kondisi yang terjadi tersebut, baik langsung atau tidak langsung berpotensi munculnya berbagai kerawanan yang secara internal maupun eksternal sehingga memerlukan kesiapsiagaan aparat Polisi Militer TNI, khususnya Polisi Militer Angkatan Udara.

 

Demikian tegas Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Herman Prayitno, saat bertindak sebagai Irup pada upacara serahterima jabatan Komandan Polisi Militer TNI Angkatan Udara (Danpomau), dari Marsekal Pertama TNI Irawan Supomo, kepada Kolonel Pnb Sru Astjaryo Andreas, di Mapomau, Selasa (18/9).

Baca juga:  Deteksi Dini Mengamankan Jalannya Pesta Demokrasi

 

Apabila dilihat dari perannya, Polisi Militer Angkatan Udara (Pomau) memiliki karakteristik profesi yang spesifik. Karakteristik tersebut terletak pada bagaimana Pomau menyelenggarakan tugas dan fungsinya seperti halnya pengamanan fisik, pengamanan Alut Sista, penyelidikan kriminal, pembinaan tata tertib dan disiplin, serta proses penyidikan bagi anggota TNI AU yang melakukan pelanggaran hukum. Oleh karenanya, disiplin, moralitas dan mentalitas menjadi sesuatu yang sangat fundamental, serta senantiasa dijadikan inspirasi bagi seluruh insan prajurit Pomau dimanapun bertugas.

 

Mengingat demikian kompleksnya tugas yang dihadapi Pomau, maka Polisi Militer Angkatan Udara juga harus memiliki komitmen untuk membangun soliditas dan meningkatkan intelektualitas, sehingga kinerja prajurit Pomau benar-benar dapat menjadi contoh prajurit lainnya, nantinya Institusi Pomau layak menjadi “center of excelent”-nya disiplin dan kinerja satuan TNI Angkatan Udara.

 

Beberapa diantara fungsi Pomau adalah penyidikan dan penegakan hukum, Pomau tidak henti-hentinya mengikuti perkembangan fungsi dan peran kepolisian dengan berkoordinasi, sharing atau studi banding dengan sesama penegak hukum, baik di lingkungan TNI maupun kepolisian Republik Indonesia.

Baca juga:  Korpri Melayani, Bekerja dan Menyatukan Bangsa

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel