TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Sertijab Dankorpaskhas : Kasau Yakin Baret Jingga Tetap dan Akan Jadi Kebanggaan TNI AU

By 02 Nov 2018Berita
62c83d31-0a0d-4bf2-bf71-76291c024f1b

TNI AU.    Bandung-Dispenau (2/11). Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E.,M.M., menyampaikan keyakinannya bahwa Baret Jingga tetap dan akan menjadi kebanggaan TNI Angkatan Udara, yang akan terus memberi kontribusi nyata bagi keberhasilan pelaksanan tugas TNI AU.

Hal ini ditegaskan Kasau saat memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Korps Pasukan Khas TNI AU (Korpaskhasau) dari Marsda TNI Theodorus Seto Purnomo kepada Marsma TNI Eris Widodo Yuliastono, S.E., M.Tr (Han) di Lapangan Merah Makorpaskhas, Bandung, Jumat (2/11/2018).

Menurut Kasau, keyakinan ini diperoleh dari keberhasilan pembinaan yang dilaksanakan oleh Korpaskhas, diantaranya dapat dilihat pada program latihan antar satuan, latihan gabungan dan latihan dengan satuan dari negara asing, sebagai penguji kemampuan prajurit Korpaskhas.

“Keberhasilan pembinaan kemampuan Korpaskhas juga telah dibuktikan dalam keterlibatan satuan Paskhas pada misi pasukan perdamaian PBB sebagai Kontingen Garuda,” tambah Kasau.

Dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP) para prajurit Korpaskhas juga telah berperan dalam kegiatan bantuan kemanusiaan kepada para korban gempa di Lombok dan Palu.

“Para prajurit mampu mengambil tindakan secara cepat, tepat dan cermat, sehingga masyarakat yang membutuhkan bantuan dapat segera ditolong dan diselamatkan,” ujar Kasau.

Selanjutnya, menyikapi perkembangan situasi organisasi yang dinamis, Kasau meminta agar Korpaskhas mampu melakukan penyesuaian pembinaan yang komprehensif di setiap satuan jajaran Paskhas dengan diikuti pembangunan di bidang alutsista, materiel, dan fasilitas.

“Korpaskhas harus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan alutsista. Hal tersebut akan mendorong
Korpaskhas untuk senantiasa memegang teguh komitmennya dalam pengabdian kepada bangsa dan negara serta TNI Angkatan Udara,” kata Kasau.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kasau berpesan kepada seluruh prajurit Korpaskhasau untuk mampu menjabarkan profesionalisme dalam pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam kehidupan sehari-hari sebagai prajurit TNI yang berlandaskan Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan 8 Wajib TNI.

Upacara sertijab diisi dengan penyerahan pataka Korpaskhas, pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan pakta integritas pejabat baru.

Pejabat Dankorpaskhas yang baru, Marsma TNI Eris Widodo Yuliastono, S.E., M.Tr (Han) merupakan alumnus AAU tahun 1988. Sebelumnya bertugas sebagai Wadankorpaskhas. Sementara Marsda TNI T. Seto Purnomo, alumnus AAU 1985 selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Pati Khusus Kasau.

Seusai sertijab Dankorpaskhas, juga dilaksanakan serah terima jabatan Ketua PIA Ardhya Garini Gabungan IV Korpaskhas dari Ny. T. Seto Purnomo kepada Ny. Eris Widodo Yuliastono yang disaksikan oleh Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Ayu Yuyu Sutisna.

Sertijab Dankorpaskhas : Kasau Yakin Baret Jingga Tetap dan Akan Jadi Kebanggaan TNI AU