Berita

SERTIJAB DANLANUD TANJUNGPANDAN

By 26 May 2010 No Comments
M-458_NA_B-25_Mitchell_Indonesian_Airforce_(7168661149)
#TNIAU #TNI-AU

Kepala Staf Komando Operasi Angkatan Udara I (Kas Koopsau I) Marsma TNI T Johan Basyar mewakili Pangkoopsau I memimpin upacara serahterima jabatan Komandan Lanud Tanjungpandan dari Letkol Pnb A Joko Takarianto kepada Letkol Pnb Deddie R Semet. Serah terima jabatan tersebut dilasanakan dengan upacara militer di Lapangan Upacara Lanud Tanjungpandan, Belitung, Senin (26/2).

 

Letkol Pnb Deddie R Semet sebelumnya menjabat Pabandya Ren Progar Sren Koopsau I. Sementara Letkol Pnb A Joko Takarianto selanjutnya menduduki pos barunya di Mabesau menjadi Pabandya Pam Ket Giat Paban II/Pam Spamau, Mabesau.

 

Pangkoopsau I Marsda TNI Gandjar Wiranegara dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kas Koopsau I mengatakan, kedudukan Lanud Tanjungpandan cukup strategis bagi kepentingan pertahanan Negara, terutama untuk melindungi Ibukota Jakarta apabila ada ancaman serangan udara dari arah utara. “Dengan kata lain Lanud Tanjungpandan juga merupakan benteng pertahanan bagi ibukota Jakarta,” tegas Gandjar Wiranegara.

 

Dalam buku “Ketika Dekat Serasa Jauh – Profil Lanud Tanjungpandan” karya Danlanud lama, A Joko Takarianto, disebutkan bahwa ke depan Lanud Tanjungpandan harus diperkuat dengan minimal satu skadron udara tempur yang ber-home base disitu. Artinya, Lanud Tanjungpandan meningkat statusnya menjadi Lanud Induk.

 

Upaya kearah sana sudah “dicicil” mulai sekarang. Tanah seluar 430 hektar yang berlokasi di sebelah timur runway berseberangan dengan Bandara Hanandjoeddin, sudah disediakan oleh Pemda Belitung. Dengan kata lain, pemda dan rakyat Belitung sudah mendukung rencana besar ini, tinggal bagaimana pemerintah pusat memberikan lampu hijau dengan menganggarkan dana pembangunannya kepada TNI AU.

 

Lanud Tanjungpandan yang difasilitasi Koopsau I juga telah menyusun rencana pengembangan pangkalan, lengkap dengan gambar teknisnya. Idealnya, kelak di sana tidak hanya terdapat skadron udara tempur, tetapi juga skadron udara transpor dan heli, serta dilengkapi pula dengan skadron teknik.

 

Hadir pada upacara tersebut para pejabat dari Makoopsau I dan para pejabat Muspida Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.***

 

SUMBER : PENERANGAN KOOPSAU I

Leave a Reply