Berita

Sertijab Danskadik 102 Dan Skatek 043

By 19 Oct 2015 No Comments
1280px-AURI_Oscar
#TNIAU #TNI-AU

Dua Jabatan Komandan satuan di Lanud Adisutjipto yaitu jabatan Komandan Skadik 102 dan Komandan Skadron Teknik 043 diserahterimakan. Acara serah terima jabatan digelar di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto dipimpin oleh Komandan Pangkalan TNI AU Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Imran Baidirus, SE. Kamis, (15/10).

Jabatan Komandan Skadik 102 diserahterimakan dari Letkol Pnb Ferry Yunaldi kepada penggantinya Letkol Pnb Sri Raharjo, sementara jabatan Komandan Skatek 043 diterimakan dari Letkol Tek Rudito Dwi Wibowo kepada penggantinya Letkol Tek Taufik Yulianto A.

Pejabat lama Komandan Skadik 102 Letkol Pnb Ferry Yunaldi selanjutnya akan menjabat sebagai Paban Koopsau I sedangkan Letkol Pnb Sri Raharjo sebelumnya menjabat sebagai Kabin Lakdik Wing Dik Terbang Lanud Adisutjipto. Sementara itu, Komandan Skatek 043 Letkol Tek Rudito Dwi Wibowo selanjutnya akan menjabat sebagai Pamen Mabes TNI untuk Pabandya-1/Progar Paban I Renslog TNI dan pejabat baru Letkol Tek Taufik Yulianto sebelumnya menjabat sebagai Kasi AS 202/R-172 Subdis Peslatu Disaeroau.

Letkol Pnb Sri Rahajo, putra kelahiran Sragen Jawa Tengah ini lahir 20 Mei 1977. Alumni Akademi Angkatan udara tahun 1998 ini juga telah cukup lama berkecimpung dan menekuni dunia pendidikan Sekolah Penerbang Militer. Pendidikan karirnya diawali sebagai Instruktur Penerbang. Suami dari Riena Rahmawati yang juga seorang Wanita Angkatan Udara ini dikaruniai 3 putra. Letkol Pnb Sri Raharjo selama ini telah menyumbangkan ide-idenya untuk memperkuat Jupiter Aerobatic Team, dan tentu saja setelah menjadi orang nomor satu di skadik 102 akan menjadikan orang pertama di Jupiter Aerobatic Team.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Imran Baidirus, SE mengatakan, “dengan pergantian jabatan ini diharapkan akan diperoleh penyegaran, perubahan dan pembaharuan yang akan membawa organisasi kearah yang lebih baik, lebih maju dan ke depan akan lebih banyak mengukir prestasi.”

Dikatakannya juga bahwa sebagai salah satu satuan dalam jajaran Lanud Adisutjipto, Skadik 102 memiliki andil besar dalam mendidik dan mencetak awak pesawat TNI AU, khususnya profesi penerbang dan Instruktur Penerbang. Sebagai pangkalan pendidikan yang mencetak penerbang militer, Lanud Adisutjipto menghadapi tantangan yang tidak ringan seiring dengan semakin cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus melaju tanpa henti.

Skadron Teknik 043 adalah unit pelaksana di bawah Lanud Adisutjipto yang bertugas melaksanakan pembinaan dan pemeliharaan alutsista beserta komponen-komponennya dari tingkat ringan sampai tingkat sedang guna mendukung kelancaran operasi pendidikan sekolah penerbang. Usai pelaksanaan sertijab di Lapangan Jupiter dilaksanakan acara tradisi pelepasan dan penyambutan di masing—masing satuan. Di Skadik 102 dilaksanakan tradisi berupa penyerahan Flight Leader, yang sebelumnya didahului dengan pengantaran mengunakan pesawat KT 01 Wong Bee menuju hanggar Skadik 102. Sedangkan di Skatek 043 acara tradisi lepas sambut berupa passing in-out.yang didahului pengalungan bunga di gerbang Skatek O43 dan pengantaran komandan lama meninggalkan Gerbang Skatek dihantar oleh semua anggota mengunakan kendaraan besar. Selajutnya tradisi di dua satuan ditutup dengan acara pisah sambut oleh Komandan Lanud Adisutjipto.

Leave a Reply