Berita

Serunya Gowes Jelajah Medan di Lanud Sjamsudin Noor

Dibaca: 3 Oleh 15 Apr 2015Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting, karena akan menentukan sehat tidaknya tubuh kita. Jika kita tidak menjaga kesehatan tubuh kita, maka otomatis tubuh akan menjadi tidak sehat, dan akan memudahkan penyakit untuk masuk kedalam tubuh, dan ujung-ujungnya rumah sakitlah tujuannya. Ada banyak cara untuk mengolah badan agar menjadi sehat dan bugar, mulai dari konsep olahraga ringan hingga mengedepankan gaya hidup bersih, atur pola makan dan memenuhinya dengan mengkonsumsi multivitamin. Setiap orang pasti mendambakan tubuh yang sehat, baik jasmani maupun rohani, seperti yang dilaksanakan oleh seluruh anggota Lanud Sjamsudin Noor ini contohnya, dibawah naungan Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Erwin Sugiandi, untuk mengakrabkan dan menjalin kebersamaan, beliau mengajak para anggotanya untuk menjaga staminanya dengan selalu melakukan kegiatan olahraga secara teratur dan terukur serta melaksanakan program-program yang terkait dengan kesamaptaan jasmani seluruh anggotanya. Salah satunya adalah pelaksanaan bersepeda bersama atau kata lainnya dinamakan GOWES. Rabu, (15/4). 

Pada event Gowes kali ini, Danlanud SAM mengajak para goweser untuk menikmati olahraga sepeda gunung dengan variasi rute yang menarik. Iring-iringan keluar Mako melalui Lapangan Angkasa Lanud SAM melewati Jl. Tegal Arum kearah Lap. Tembak Lanud SAM, kemudian berputar tembus ke Jl. Lingkar Utara lalu tembus ke perumahan komplek Pangkalan Lanud SAM dan finish di Mako Lanud SAM, dengan jarak tempuh kurang lebih 12 Km yang dipimpin langsung oleh Danlanud SAM. 

Baca juga:  130 Korban Bencana Palu Tiba di Malang

Dari awal start rute perjalanan sepanjang kurang lebih 12 km tersebut, peserta memacu sepeda dengan kecepatan rata rata 30-40 km/jam dengan medan jalan berbatu-batu, berlubang, becek dan berlumpur. Beberapa peserta kewalahan saat melewati jalan berlubang, becek dan berlumpur hingga sepeda pun terpaksa diangkat agar dapat melewati genangan air lumpur guna dapat melanjutkan perjalanan. Tingkat kesulitan medan yang sulit tersebut membuat beberapa peserta kewalahan dan beberapa terpaksa berhenti beristirahat sejenak karena terlalu lelah. Rupanya semangat Waja Sampai Kaputing membawa sebagian peserta untuk semakin tertantang untuk melanjutkan perjalanan, hanya sedikit peserta yang terpaksa menempuh rute dengan menuntun sepeda. 

Kegiatan olahraga Gowes ini selain bertujuan untuk membina kesamaptaan prajurit, juga bertujuan untuk meningkatkan soliditas dan Espirit de Corps antar sesama prajurit. Dengan dilaksanakan kegiatan semacam ini diharapkan akan lebih mempererat tali persaudaraan, kekeluargaan, kekompakkan dan ikatan batin diantara keluarga besar Lanud SAM. Selain itu dengan bersepeda bersama seperti ini akan memberi manfaat yang besar kepada jasmani dan rohani kita serta meningkatkan kepekaan kita terhadap lingkungan sekitar kita, sebagai usaha untuk lebih mendekatkan hubungan kekeluargaan antar anggota khususnya, maupun dengan masyarakat luar umumnya. 

Baca juga:  UPACARA MEMPERINGATI HARI BAKTI TNI ANGKATAN UDARA KE 67

Dalam kesan dan pesannya Danlanud SAM menyampaikan bahwa kegiatan seperti yang dilaksanakan sekarang ini agar tetap terpelihara, dipertahankan dan tetap terjadwal. Selain untuk sehat berolahraga, Gowes ini juga dimanfaatkan untuk dapat memupuk hubungan silaturahmi sesama keluarga besar Lanud SAM dan masyarakat sekitar, agar TNI Angkatan Udara khususnya Lanud SAM lebih dikenal keberadaannya serta bisa semakin di cintai rakyat.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel