Berita

SESARCAB KESEHATAN ADAKAN BAKTI SOSIAL

Dibaca: 18 Oleh 15 Feb 2016Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Mengusung tema “Cara Pintar Untuk Sehat”, Perwira siswa Sekolah Dasar Kecabangan (Pasis Sesarcab) Kesehatan Angkatan Ke-17 mengadakan kegiatan bakti sosial di sekitar lingkungan Skadik 504 Wingdikum, Jakarta. Kamis (11/2). Tidak tanggung-tanggung, kegiatan diisi ceramah sekaligus praktek lapangan yang diikuti siswa SD Angkasa 5 Halim Perdana Kusuma. Seperti yang dikatakan Ketua Pelaksana Letda Kes dr. Emmanuel Ricky, penyampaian materi ceramah disesuaikan keadaan cuaca yang belakangan ini mengguyur wilayah Indonesia, khususnya Jakarta.

Adapun materi ceramah yang disampaikan bersinggungan masalah demam berdarah dengue, mencuci tangan yang baik, menjaga kebersihan gigi serta perilaku hidup bersih dan sehat. “Ini semua dibahas karena pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit demam berdarah yang sedang marak terjadi di masyarakat, terutama saat musim hujan,” ujar Ketua Pelaksana. Setiap Pasis ambil bagian dalam kegiatan ini, seperti Letda Kes dr. Prima Agung menjelaskan pertolongan pertama dan pencegahan demam berdarah dengue, Letda Kes dr. Febrian sharing mengenai perilaku hidup bersih dan sehat serta bagaimana mencuci tangan yang baik, kemudian Letda Kes drg. Mario Nesa berbagi masalah kesehatan gigi dan cara merawat gigi yang baik. Meskipun masih Sekolah Dasar, kata salah satu Pasis, pertanyaan yang dilontarkan siswa sangat kritis dan berpikiran jauh kedepan. “Misalnya, kenapa gigi bisa bolong? atau kenapa hanya nyamuk betina saja yang bisa menyebabkan demam berdarah serta masih banyak lagi,” katanya sambil mencoba menjawab pertanyan tersebut.

Baca juga:  OLAHRAGA SECARA TERATUR DI LANUD BALIKPAPAN

Selanjutnya, para siswa diajak keluar untuk mempraktekkan cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang baik. “Pastikan seluruh permukaan tangan tertutup busa sabun dan gosok bagian sela-sela tangan agar kuman tidak menempel serta bilas dengan air bersih,” ujar Letda Kes dr. Akbar mempraktekkan cara cuci tangan. kemudian dibagikan sikat dan pasta gigi untuk melaksanakan sikatan sempurna untuk gigi yang bersih.

Ditempat yang berbeda, berkerjasama dengan PMI Matraman dilaksanakan aksi donor darah yang diikuti seluruh siswa dan antap Skadik 502, 504 dan 505 Wingdikum. “Setetes darah yang diberikan sangat membantu bagi saudara kita yang membutuhkan,” ujar Danskadik 504 Wingdikum Letkol Kes Wargono ketika mendonorkan darahnya. Hal serupa dikatakan Ibu Sari perwakilan PMI Matraman yang berterima kasih atas bantuan para pendonor untuk menambah stok darah di PMI mengingat kebutuhan akan darah meningkat belakangan ini. “Semoga kegiatan seperti ini continue terus,” ujarnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel