Berita

Seskoau Gelar Peringatan dan Syukuran Hari Bakti TNI AU ke-65

Dibaca: 18 Oleh 31 Jul 2012Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Wakil Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Wadan Seskoau) Marsekal Pertama TNI Dwi Djatmiko, SB memimpin Upacara peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-65 di halaman gedung utama Seskoau, Lembang, Minggu sore (29/7) mewakili Danseskoau. Pelaksanaan upacara di sore hari dikarenakan masih dalam suasana Ibadah Puasa Ramadhan, sehingga usai upacara dilanjutkan buka puasa bersama bagi personel, Pasis Seskoau dan pengurus PIA Ardhya Garini CBS Seskoau.

Dalam sambutannya Marsma TNI Dwi Djatmiko, SB membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP. Di sampaikan TNI Angkatan Udara merupakan tulang punggung Kekuatan Dirgantara Nasional atau National Air Power. “Kekuatan dirgantara kita harus dapat membantu upaya komponen kekuatan negara lainnya seperti kekuatan Diplomasi, Ekonomi dan Informasi untuk menghadapi berbagai tantangan dan ancaman dalam membela kepentingan nasional di kancah global dan antar negara”, ujar Kasau.

Hari Bakti TNI AU ke-65 tanggal 29 Juli 2012 merupakan peringatan terhadap pengorbanan tiga pahlawan sekaligus pelopor TNI AU yaitu Komodor Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor Udara Prof Dr. Abdulrahman Saleh dan Opsir Udara I Adisoemarmo Wirjokusumo yang gugur karena pesawat VT-CLA yang membawa sumbangan obat-obatan dari PMI Burma untuk PMI Indonesia ditembak hingga jatuh di Desa Ngoto, selatan Yogyakarta oleh dua pesawat pemburu “Kitty Hawk” Belanda. Pesawat VT-CLA ditembak karena aksi balas dendam Belanda akibat pagi hari tanggal 29 Juli 1947, dua pesawat AURI yaitu Cureng dan Guntei melakukan serangan udara terhadap kedudukan Pasukan Belanda di kota Salatiga, Semarang dan Ambarawa.

Baca juga:  LOMBA MENGGAMBAR DAN MEWARNAI DI LANUD SUPADIO

Usai pelaksanaan upacara, sambil menunggu waktu buka puasa, bertempat di Bangsa Srutasala dilaksanakan ceramah agama oleh Ustadz Deden Syamsul Hidayat, M.Ag., tentang hikmah puasa. Dijelaskan tentang ibadah puasa yang artinya al imsak (menahan), menahan diri, kendalikan emosi dan sabar merupakan bagian dari iman. Bahkan menurut Ary Ginanjar Agustian, puasa dapat menciptakan kepintaran emosional dan spiritual pada seseorang yang melaksanakannya.

Setelah terdengan adzan maghrib, personel dan Pasis Seskoau membatalkan puasa bersama dilanjutkan sholat maghrib dan buka puasa bersama. Syukuran dan buka puasa bersama personel Seskoau dilaksanakan dalam rangka peringatan ke-65 Hari Bakti TNI AU tahun 2012. Tema Hari bakti TNI AU ke-65 adalah “Dilandasi Nilai Peristiwa 29 Juli 1947, TNI AU Bertekad Meningkatkan Darma Baktinya Kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel