Berita

Seskoau Seminarkan Kekuatan Udara TNI AU sebagai Alat Diplomasi

Dibaca: 25 Oleh 02 Des 2011Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Perkembangan zaman mendorong tiap institusi menyesuaikan dengan perubahan, termasuk TNI Angkatan Udara yang menggali kekuatan udara sebagai alat diplomasi dalam tugas-tugasnya. Untuk itu, bertempat di Bangsal Srutasala Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau), Lembang, Bandung Barat, Komandan Seskoau Marsekal Muda TNI Boy Syahril Qamar, S.E., membuka pelaksanaan seminar sehari tentang Strategi Operasi, khususnya kekuatan udara TNI AU sebagai alat diplomasi bagi Angkatan Udara, Kamis (1/12). Seminar merupakan program dari Direktorat Pengkajian Strategi Operasi (Ditstratops) Seskoau TNI AU, sebagai staf pengkajian masalah-masalah strategi dan operasi TNI Angkatan Udara.

Komandan Seskoau Marsekal Muda TNI Boy Syahril Qamar, S.E., dalam sambutannya menyampaikan Seminar Strategi Operasi dalam tahun 2011 ini mengambil tema tentang kekuatan udara sebagai alat diplomasi dengan tujuan agar kemampuan Angkatan Udara yang memiliki alat utama sistem senjatanya (alutsista) produksi negara-negara maju dapat senantiasa terpelihara. Melalui diplomasi Angkatan Udara dengan negara-negara pembuat alutsista diharapkan kesiapan alutsista tersebut senantiasa terpelihara.  Ditambahkan selain kesiapan alutsista juga diperlukan kesiapan personel dan berbagai peranti lunak untuk pelaksanaanya. Danseskoau juga mengharapkan pada akhir seminar dapat terhimpun saran, gagasan, pandangan dan konsep kebijaksanaan yang strategis dari para pemrasaran maupun peserta seminar mengenai konsep diplomasi Angkatan Udara yang efektif dan efisien dengan negara-negara maju.

Baca juga:  Pelantikan Bantar SMK Angkasa I Margahayu Sulaiman

Sedangkan menurut Direktur Pengkajian Strategi Operasi Seskoau, Kol Pnb Chairil Anwar, seminar yang bertemakan “Dengan Dilandasi Jiwa dan Semangat Swa Bhuwana Paksa, Kekuatan Udara TNI AU Sebagai Alat Diplomasi, Siap Menjamin Keamanan Wilayah Udara Nasional Dalam Rangka Menjaga dan Mempertahankan Keutuhan Kedaulatan NKRI”, tersebut diikuti oleh pejabat, Dosen dan Perwira Penuntun Seskoau serta undangan lainnya. Turut memberikan pemrasaran Panglima Kohanudnas Marsekal Muda TNI JFP Sitompul, Wakil Asisten Operasi Kasau Marsekal Pertama TNI Ida Bagus Anom, Kepala Dinas Psikologi TNI AU Marsekal Pertama TNI Ahadijat dan Kepala Dinas Hukum TNI AU Marsekal Pertama TNI Krismaranto, S.H., M.H.

Hadir dalam acara seminar sehari tersebut antara lain Wakil Komandan Seskoau Marsekal Pertama TNI Madar Sahib HS., Psc.,SSP., para pejabat Seskoau, dosen dan perwira penuntun Seskoau, peserta lainnya dari berbagai staf dan satuan jajaran TNI Angkatan Udara.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel