Berita

Salat Gerhana Matahari Cincin di Lanud Wiriadinata

Oleh 26 Des 2019 Desember 27th, 2019 Tidak ada komentar
SHALAT GERHANA MATAHARI CINCIN DI LANUD WIRIADINATA
#TNIAU 

TNI AU. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa, hari ini sebagian wilayah di Indonesia akan terjadi Gerhana Matahari Cincin. Sehubungan dengan hal tersebut Lanud Wiriadinata menggelar Salat Gerhana Matahari Cincin, bertempat di Masjid Rif’atul Hasanah Lanud Wiriadinata, Kamis (26/12).

Kegiatan tersebut diikuti oleh Komandan Lanud Wiriadinata Letnan Kolonel Nav Ali Sudirman Pasaribu, S.H., serta seluruh Personel Lanud Wiriadinata baik Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil.

Shalat Dzhur dan Do’a Bersama awal dari kegiatan, dilanjutkan dengan Salat Gerhana Matahari Cincin dan mendengarkan khutbah tentang Gerhana Matahari yang disampaikan oleh Paroh Lanud Wiriadinata PNS H. Agus Husin Suhaya, S.Th.I.

Paroh Lanud Wiriadinata menyampaikan, bahwa Gerhana Matahari merupakan fenomena alam dari tanda-tanda kekuasan dan kebesaran Allah SWT  yang wajib di syukuri.

“Beberapa hikmah dari peristiwa gerhana tersebut, diantaranya. Pertama, Allah ingin menunjukkan keagungan serta kekuasaan-Nya yang tidak terbatas. Dimana matahari, bulan, bumi dan benda-benda langit yang berjumlah miliaran, semuanya ada dalam genggaman-Nya, semua ada dalam keteraturan-Nya dan semuanya tunduk, bersujud, dan memuji nama-Nya. Kedua, Allah ingin melihat hambanya yang taat dengan mengikuti sunnah Rasul, dan hambanya yang hanya mencari kesenangan dan kepuasan dunia semata. Ketiga, menambah kecintaan kita kepada Allah. Dengan melaksanakan shalat gerhana ini, Insya Allah kita digolongkan kedalam golongan orang-orang yg semakin cinta kepada Allah SWT. Keempat, untuk menguji manusia, apakah diantara mereka masih ada yang  menimbun sisa-sisa ke-jahiliyyah-an dalam hatinya, sebuah peristiwa yang Allah jadikan sebagai bukti keagungan-Nya, justru kita kaitkan dengan kekuatan-kekuatan mistis yang tidak jelas dasar logika dan penalarannya. Kelima, menjadikannya sebagai salah satu momen atau kesempatan untuk bertaubat dan meminta ampun kepada Allah sebanyak-banyaknya,” ungkapnya.

Baca juga:  Lanud Rembiga Gelar Ziarah Hari Bakti TNI AU

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel