Berita

Shalat Idul Adha 1431 H/2010 di Lanud Ats

Dibaca: 1 Oleh 18 Nov 2010Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Pelaksanaan shalat Idul Adha 1431 Hijriyah telah dilaksanakan di lapangan Bondol Lanud Atang Sendjaja (Ats), Rabu (17/11), di hadiri langsung Komandan Lanud Ats Marsma TNI Sunaryo, Ketua PIA AG Cab 3 D I Lanud Ats Ny Ismi Sunaryo, para pejabat Lanud Ats dan Wingdikum, dan keluarga besar Lanud Ats serta warga di sekitar Lanud Ats.

Bertindak selaku Khotib Ustadz H. Hasan Basri, perayaan Idul Adha yang bertema, ”Dengan hikmah Idul Adha kita tingkatkan kepedulian sosial prajurit TNI dalam rangka memperkokoh soliditas dan solidaritas demi suksesnya tugas pokok TNI,”.

Dalam sambutannya Danlanud Ats, menghimbau agar dalam merayakan Idul Adha, hendaklah selalu dipenuhi dan ditandai dengan perbuatan-perbuatan yang bersifat meng-agungkan asma Allah SWT, serta sekaligus mensucikan keesaan-Nya dari segala bentuk kemungkaran dan kemusyrikan.

Menurutnya, Ibadah qurban bukan hanya manifestasi ketaatan seorang kaum muslimin dan muslimat kepada Allah SWT Tuhan pencipta alam semata, akan tetapi didalamnya juga mengandung makna yang sangat dalam, yaitu akan arti pentingnya sebuah perwujudan kepedulian sosial yang tinggi, seperti yang telah dicontohkan dan diteladani oleh Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS.

Berbekal keimanan dan ketaqwaan yang tinggi, serta wahyu yang diterima dari Allah SWT untuk menyembelih putra semata wayang yang sangat dicintai dan disayanginya, maka dengan penuh keikhlasan Nabi Ibrahim AS segera melaksanakan apa yang telah dititahkan Penciptanya untuk menyembelih Nabi Ismail AS, walau pada akhirnya Allah SWT mengganti sosok Nabi Ismail AS dengan seekor domba, tuturnya.

Setelah melaksanakan ibadah qurban ini, maka semangat kepedulian sosial diantara kita akan dapat semakin meningkat, khususnya dalam upaya kita menjaga persatuan dan kesatuan, harapnya.

”Dalam menyikapi musibah yang datang silih berganti, seperti yang terjadi di daerah Wasior, Merapi dan Mentawai serta daerah lainnya yang menimbulkan duka yang sangat mendalam, kita semua berdo’a agar Allah SWT selalu memberikan taufik dan hidayah-Nya sehingga musibah-musibah tersebut dapat segera berakhir dan saudara-saudara kita yang mengalaminya tetap berada dalam ketabahan dan semakin kuat iman dan Islamnya,” imbuhnya.

Sementara dalam khutbahnya, Ustadz H. Hasan Basri mengatakan bahwa harta, pangkat dan jabatan seseorang kecil dihadapan Allah SWT serta tidak memiliki nilai apa-apa, tetapi Allah-lah yang memiliki kekuasaan yang sangat besar, maka tidak sepantasnya seorang hamba menyombongkan diri.

Dalam pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, serunya, bukanlah darah atau dagingnya yang Allah SWT harapkan, melainkan nilai ketaqwaan seseoranglah yang akan sampai kepada Allah SWT.

Dalam rangkaian pelaksanaan shalat Idul Adha dan pemotongan hewan qurban, menurut Ketua Panitia Mayor Sus Mat Nazron, S.Ag, jumlah hewan qurban yang terkumpul kepada panitia sebanyak 6 ekor sapi, 1 ekor kerbau dan 76 ekor domba dan pelaksanaan pemotongan hewan qurban serta pendistribusian untuk masyarakat yang kurang mampu di sekitar Lanud Ats dilaksanakan dihalaman masjid At-Taqwa Lanud Ats.

Keterangan Gambar : Danlanud Ats Marsma TNI Sunaryo membacakan penyerahan hewan qurban kepada panitia Hari Raya Idul Adha 1431 H/2010 M, di halaman Masjid Attaqwa Lanud Ats sebelum kegiatan pemotongan hewan qurban.

Baca juga:  Personel Lanud Rembiga Laksanakan Samapta

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel