Berita

Shalat Idul Adha 1435 H/2014 Di Lapangan Apel Lanud Palembang

Oleh 06 Okt 2014 No Comments
#TNIAU 

Setelah mengumandangkan taqbir semalaman, umat muslim keluarga besar Lanud Palembang dan warga sekitar pangkalan pada pagi harinya melaksanakan shalat Id bersama di lapangan Mako Lanud, Minggu (5/10) dengan Imam dan Qhotib Ustadz Dato’ Syeih Tengku Abdurrahman Umar.

Dalam sambutannya Komandan Lanud (Danlanud) Palembang, Letkol Pnb. Sapuan, S.Sos. saat sebelum dilaksanakan shalat Id menyampaikan bahwa Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban pada hakekatnya adalah suatu manifestasi peringatan puncak pengorbanan Nabi Ibrahim AS sebagai wujud kecintaannya kepada Allah SWT dengan menerima dan melaksanakan perintah-Nya untuk menyembelih putra yang sangat disayanginya Nabi Ismail. Namun atas kuasa-Nya, dalam peristiwa tersebut yang disembelih bukanlah Nabi Ismail melainkan seekor domba jantan. Dengan menghayati peristiwa tersebut, diharapkan kepada keluarga besar Lanud Palembang dapat memetik hikmah perayaan Hari Raya Qurban sehingga dapat lebih meningkatkan kadar iman dan taqwanya kepada Allah SWT, dan mampu menumbuhsuburkan semangat rela berkorban dalam kehidupan bermasyarakat serta menumbuhkan semangat juang dan loyalitasnya untuk meningkatkan profesionalisme di setiap tugas yang diemban dalam mempertahankan keutuhan bangsa dan Negara Indonsia. Hal tersebut selaras dengan tema Idul Adha 1435 H / 2014 M yaitu ; Dengan Hikmah Idul Adha Kita Tingkatkan Mantapkan Kebersamaan Prajurit TNI Dengan Masyarakat Guna Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Pada Perayaan Idhul Adha tahun 1435 H/2014 M ini berhasil terkumpul hewan qurban sejumlah 2 ekor sapi masing masing dari Komandan Lanud Palembang & Keluarga 1 ekor sapi serta 1 ekor sapi dari hasil arisan anggota Lanud dan masyarakat. Sedang 16 ekor kambing berasal dari qurban perorangan warga komplek Lanud Palembang dan masyarakat sekitar pangkalan. Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan seusai pelaksanaan shalat Id di halaman Masjid Al-Asykariah Lanud Palembang. Daging hewan qurban selanjutnya melalui kepanitiaan disalurkan kepada masyarakat sekitar pangkalan yang berhak menerima.

 

Komentar