Berita

Shalat Idul Adha 1436 H Dan Penyembelihan Hewan Qurban Di Lanud Sulaiman

Dibaca: 7 Oleh 28 Sep 2015Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Olot Dwi Cahyono beserta keluarga dan warga masyarakat sekitar berduyun-duyun melaksanakan sholat Idul Adha 1436 H/2015 M di Lapangan Apel Staf II Lanud Sulaiman, Kec. Margahayu, Kab. Bandung. Kamis, (24/9).

Berkurban adalah sarana pembersih diri dan pendekatan diri kepada sang pencipta Allah Subhanahu Wata’ala. Secara sosial berkurban adalah sarana untuk mensejahterakan umat. Manfaat kurban ditinjau dari aspek sosial adalah memberi makan kepada fakir miskin. Memberi makan dalam arti luas bukan hanya memberikan makan pada jasmani atau perut, melainkan juga memberi makan kepada rohani atau akal. Peristiwa kurban diharapkan dapat menumbuhkan kesalehan sosial dari setiap individu umat Islam.

Demikian pernyataan Danlanud dalam sambutan tertulisnya yang selanjutnya juga menyatakan bahwa hakekat pengorbanan adalah mengorbankan segala yang paling dicintainya untuk mengikis debu dalam hati yang menghalangi, yaitu kekikiran dan keserakahan. Sebagaimana dinyatakan dalam Surat Al Hajj ayat 37 yang artinya, daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai keridhaan Allah SWT., tetapi ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.

Baca juga:  DUA PENERBANG SKADUD 12 SUKSES TERBANG SOLO

Prof. Dr. H. Muhtar Solihin, M.Ag., selaku Wakil Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung yang bertindak sebagai Imam dan Khatib menyampaikan tausiyahnya yang intinya bahwa ibadah haji merupakan kewajiban bagi orang yang mampu sebagaimana difirmankan Allah Swt dalam surat Ali Imran ayat 97 dan merupakan petualangan ruhani (spiritual journing) yang memparipurnakan kewajiban rukun Islam. Seluruh rangkaian haji, mengilustrasikan kepasrahan (taslim) dan totalitas (kaffah) hamba terhadap Tuhannya.

Peristiwa kurban adalah ujian keimanan dan ketaqwaan Allah SWT kepada hambanya, yakni Nabi Ibrahim a.s. yang pada saat itu dengan ikhlas menyembelih anaknya nabi Ismail untuk bukti akan ketaatan pada sang Kholik yang kemudian atas kehendak-Nya Allah Swt menggantikan penyembelihan itu dengan seekor Qibas. Hikmah yang terkandung didalamnya adalah bahwa Allah melarang menyembelih atau mengorbankan manusia. Allah melarang orang kaya mengorbankan orang miskin. Konglomerat memakan orang melarat, pejabat menyembelih rakyat, dan orang pintar menyembelih orang terlantar.

Usai pelaksanaan Salat Id, pada pukul 08.00 WIB panitia Idul Qurban dari gabungan Seksi Bintal dan dinas lainnya di Lanud Sulaiman, melaksanakan penyembelihan hewan qurban di samping halaman kantor Fasint dekat gedung Bioskop lama, Lanud Sulaiman dapat mengumpulkan sapi sejumlah lima ekor dan kambing 35 ekor, untuk selanjutnya dibagikan kepada mereka yang berhak menerima.

Baca juga:  Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Buka Latihan Survive Dasar

Idul Adha 1436 H tahun ini mengangkat tema “Melalui Hikmah Idul Adha Kita Tingkatkan Solidaritas Kepedulian dan Kebersamaan Prajurit TNI dengan Rakyat Guna Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa.”

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel