Berita

Shalat Idul Adha 1437 H dan Penyembelihan Hewan Qurban di Lanud Sulaiman

Dibaca: 5 Oleh 14 Sep 2016Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Mohammad Syafii, S.I.P.,M.M., beserta keluarga dan warga masyarakat sekitar berduyun-duyun melaksanakan sholat Idul Adha 1437 H/2016 M di Lapangan Apel Staf II Lanud Sulaiman, Kec. Margahayu, Kab. Bandung, Senin (12/9).

Berkurban adalah sarana pembersih diri dan pendekatan diri kepada sang pencipta Allah Subhanahu Wata’ala. Secara sosial berkurban adalah sarana untuk mensejahterakan umat. ”Manfaat kurban ditinjau dari aspek sosial adalah memberi makan kepada fakir miskin. Memberi makan dalam arti luas bukan hanya memberikan makan pada jasmani atau perut, melainkan juga memberi makan kepada rohani atau akal. Peristiwa kurban diharapkan dapat menumbuhkan kesalehan sosial dari setiap individu umat Islam,” kata Danlanud.

Disampaikan pula dalam sambutan tertulisnya bahwa hakekat pengorbanan adalah mengorbankan segala yang paling dicintainya untuk mengikis debu dalam hati yang menghalangi, yaitu kekikiran dan keserakahan. Sebagaimana dinyatakan dalam Surat Al Hajj ayat 37 yang artinya, daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai keridhaan Allah SWT., tetapi ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.

Baca juga:  Menjelang Pemilu 2014 Komandan Kodik AU: Jaga selalu Komitmen Netralitas TNI.

”Peristiwa kurban adalah ujian keimanan dan ketaqwaan Allah SWT kepada hambanya, yakni Nabi Ibrahim a.s. yang pada saat itu dengan ikhlas menyembelih anaknya nabi Ismail untuk bukti akan ketaatan pada sang Kholik yang kemudian atas kehendak-Nya Allah Swt menggantikan penyembelihan itu dengan seekor Qibas,” Demikian khotbah KH. Asep Abdul Rahman, M.Ly., selaku ketua KBIH Al-Badar Bandung yang bertindak sebagai Imam dan Khatib yang juga menjelaskan bahwa Ibadah haji merupakan kewajiban bagi orang yang mampu sebagaimana difirmankan Allah Swt dalam surat Ali Imran ayat 97 dan merupakan petualangan ruhani (spiritual journing) yang memparipurnakan kewajiban rukun Islam.

Usai pelaksanaan Salat Ied panitia Idul Qurban dari gabungan Seksi Bintal dan dinas lainnya di Lanud Sulaiman, melaksanakan penyembelihan hewan qurban di samping halaman gedung Sarban. Lanud Sulaiman dapat mengumpulkan sapi sejumlah lima ekor dan kambing 28 ekor, untuk selanjutnya dibagikan kepada mereka yang berhak menerima.

Idul Adha 1437 H tahun ini mengangkat tema “Melalui Hikmah Idul Adha 1437 H/2016 M Kita Tingkatkan Kesolehan Spiritual, Ntelektual, Dan Emosional Prajurit TNI Guna Meningkatkan Jiwa Rela Berkorban Dalam Pelaksanaan Tugas Dan Terwujudnya Kesolehan Sosial Dalam Membina Kemanunggalan TNI Dengan Masyrakat.”

Baca juga:  PENYERAHAN MOBIL AMBULANCE DI LANUD EL TARI

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel