Berita

Shalat Idul Adha 1443 H dan Penyembelihan Hewan Qurban di Lanud Sulaiman

Dibaca: 6 Oleh 11 Jul 2022Tidak ada komentar
3 3
#TNIAU 

TNI AU. LANUD SLM. Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Mokh. Mukhson, S.E., M.M., dan warga masyarakat sekitar, hadir untuk melaksanakan sholat Idul Adha 1443 H/2022 M di Lapangan Apel Staf II Lanud Sulaiman, Kec. Margahayu, Kab. Bandung. Minggu (10/7/2022)

”Idul Adha yang kita peringati ini mengandung pembelajaran yang meliputi tiga hal, yaitu ketaqwaan, hubungan antarmanusia, dan peningkatan kualitas diri. Sehingga dari ketiga hal tersebut akan menumbuhkan kesolehan pribadi dan kesolehan sosial,” kata Danlanud.

Dikatakan pula bahwa untuk mencapai kesolehan pribadi, umat Islam disunnahkan dan dianjurkan di hari-hari paling agung dan dicintai Allah Subhana Wata’ala, yaitu sepuluh hari awal bulan Dzulhijjah untuk memperbanyak tahlil, takbir, dan tahmid. Disamping amal shaleh lainnya dengan memperbanyak shalat sunnah, membaca al qur’an, shaum, bersedekah, dan amal shaleh lainnya yang tidak bisa dihitung jumlahnya. Sedangkan secara sosial berkurban adalah sarana untuk mensejahterakan umat.

”Hikmah yang bisa dipetik dari peristiwa Nabi Ibrahim yang menyembelih putranya Nabi Ismail Alaihisallam adalah ujian keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhana Wata’ala. Selain itu, merupakan bukti akan ketaatan dan keikhlasan pada sang Kholik. Secara tidak langsung, nabi Ibrahim Alaihisallam memberikan contoh kepada umatnya agar menghargai pendapat orang lain. Tidak mengedepankan egonya masing-masing meski terhadap putranya sendiri. Selain itu, mengajarkan pula betapa pentingnya peduli terhadap sesama. ”Terlebih di saat pandemi seperti ini, spirit Idul Adha harus dapat kita terapkan sebagai wujud iman dan taqwa kita kepada Allah Subhana Wata’ala,” Demikian khotbah K.H. Adnan Safari, S.Ag., selaku pembimbing haji dan umroh KBIH Ai-Barik Pusdai Jawa Barat, yang bertindak sebagai Imam dan Khatib.

Baca juga:  444 PASUKAN PPRC KUASAI SANGATA

Usai pelaksanaan Salat Id, pada pukul 08.00 WIB panitia Idul Qurban dari gabungan Seksi Bintal dan dinas lainnya di Lanud Sulaiman, melaksanakan penyembelihan hewan qurban di belakang halaman kantor Yanpers Lanud Sulaiman. Terkumpul untuk penyembelihan hewan qurban tiga ekor sapi (masing-masing satu ekor sapi dari Komandan Lanud Sulaiman, Kadisdikau Marsma TNI Mohammad Syafi’i, S.IP.,M.M., dan Bupati Bandung H.M. Dadang Supriatna). Sedangkan untuk kambing terkumpul tujuh ekor, satu ekor masing-masing dari Kadispers dan Kadislong Lanud Sulaiman, dan lima ekor lainnya dari warga Lanud Sulaiman.

Idul Adha 1443 Hijriah tahun ini mengangkat tema ” Menumbuhkan Kepedulian Sosial”.

# Sulaiman Beriman (Bersih, Integritas, Nyaman)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel